Berantas Mafia Karantina PPLN, Polri Terjunkan Tim Khusus

Berantas Mafia Karantina PPLN, Polri Terjunkan Tim Khusus

Radartasik.com — Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bergerak dengan membentuk tim khusus untuk terjun memburu mafia karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Langkah kapolri ini merespons instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mengusut tuntas permainan karantina. 

“Prinsipnya tim yang sudah dibentuk Bapak Kapolri akan menindak tegas siapa pun yang terlibat terkait menyangkut masalah pelanggaran kekarantinaan,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan dikutip dari JawaPos.com, Rabu (2/2).

Dedi menyampaikan, Polri tidak bisa bekerja sendiri untuk memberantas para mafia karantina. Oleh karena itu, pihak-pihak terkait akan dilibatkan dalam tim ini.

“Karena ini menyangkut masalah kepercayaan dunia internasional di Indonesia bahwa untuk sistem kekarantinaan di Indonesia harus berjalan dengan baik. Mulai dari kedatangan sampai dengan proses nanti pemantauan oleh monitoring aplikasi Presisi yang sudah direspons oleh Bapak Kapolri sampai menuju ke hotel yang ditunjuk untuk melaksanakan karantina,” imbuhnya.

Selain itu, Polri juga terus berupaya memitigasi terkait tindakan mafia karantina tersebut. Sejauh ini, sudah ada beberapa kasus yang ditindak.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan arahannya terkait dengan evaluasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali. Presiden Jokowi meminta agar Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengunsut tuntas permainan karantina.

Jokowi mengaku mendapat banyak keluhan dari warga negara asing dari proses karantina ini. “Saya masih mendengar dan ini saya minta Kapolri untuk mengusut tuntas permainan yang ada di karantina. Sudah, karena saya sudah mendengar dari beberapa orang asing komplain ke saya mengenai ini,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Selasa (1/2). (jpg/try) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: