Kampung Pancasila Tempat Generasi Muda Belajar dan Tangkal Paham Radikalisme

Kampung Pancasila Tempat Generasi Muda Belajar dan Tangkal Paham Radikalisme

Radartasik, BANJAR - Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi SIp MI Pol mendampingi Wali Kota Banjar meresmikan Kampung Pancasila di Dusun Sukamulya Desa Sukamukti Kecamatan Pataruman, Senin (30/5/2022). 

Menurut Dandim, kampung Pancasila merupakan salah satu aplikasi tugas TNI dan juga tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai-nilai Pancasila.

"Apa yang dipraktikkan saat ini, itu nanti yang akan dilaksanakan di perbatasan RI dengan Malaysia di Kalimantan," kata dia kepada wartawan.

BACA JUGA:BNPT Awasi 600 Akun Medsos Terindikasi Paham Radikalisme

BACA JUGA:Bupati Garut Minta Bantuan Tangkal Paham Radikalisme

Diakuinya, prajurit tidak hanya menjaga patok perbatasan antara RI dengan Malaysia. Bahkan bukan untuk berperang memangku senjata.

"Prajurit dari satuan Armed melaksanakan latihan di Kota Banjar, lokasi kampung Pancasila. Sebelum bertolak ke perbatasan RI dengan Malaysia," jelasnya. 

Dengan adanya Kampung Pancasila ini, diharapkan generasi muda tidak mudah terjerumus dan terpengaruh akibat era globalisasi. 

BACA JUGA:Milenial di Kota Tasik Rentan Terpapar Radikalisme

Salah satunya dengan meningkatkan nilai-nilai Pancasila, di dalam diri individu masing-masing. 

"Kita harapkan kebersamaan dan keberagaman bisa terwujud dalam menangkal paham radikalisme," tegasnya. 

Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih menyambut baik Dusun Sukamulya Desa Sukamukti dijadikan Kampung Pancasila. Masyarakat setidaknya bisa mengamalkan dan menghayati empat pilar kebangsaan dengan baik.

"Ibu berharap Kampung Pancasila tidak hanya di sini (Desa Sukamukti) saja, tapi di desa lainnya yang ada di Kota Banjar," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: