Rusia dan Kazakhstan Semakin Mesra

Rusia dan Kazakhstan Semakin Mesra

Radartasik.com — Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev menyebutkan, kontingen Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) sukses dalam mengatasi kerusuhan di Almaty. Dengan begitu CSTO yang dipimpin Rusia akan meninggalkan negaranya dalam dua hari ini. 

Tokayev menegaskan banyak pihak yang tidak sependapat dengan dirinya. Sebab, 164 orang tewas dan lebih dari 9.900 lainnya ditangkap. Salah seorang yang ditahan adalah mantan Ketua Komite Keamanan Nasional Karim Masimov. Dia dituduh makar.

Masimov adalah orang dekat pendiri Kazakhstan Nursultan Nazarbayev. Hingga kini, Nazarbayev belum memberikan komentar apa pun terkait insiden di negaranya. Dia dikabarkan berada di Nur-Sultan, ibu kota negara, untuk berdialog dengan Tokayev.

Hubungan Tokayev dengan Nazarbayev tengah memanas. Tokayev mengkritik kebijakan lama pendahulunya yang menciptakan lapisan orang-orang kaya. Beberapa jabatan penting di negara itu dipegang oleh anak-anak Nazarbayev.

”Sistem saat ini berorientasi pada struktur utama dan didasarkan pada prinsip yaitu segalanya untuk teman, sedangkan hukum untuk orang lain,” kritik Tokayev, seperti dikutip jawapos.com dari Agence France-Presse. (sha/c18/bay/jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: