Lapas Klas 2B Kota Banjar Programkan Tahfiz Al-Quran

Lapas  Klas 2B Kota Banjar Programkan Tahfiz Al-Quran

radartasik.com, BANJAR — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 2B Kota Banjar membuat program tahfiz Al-Quran kepada seluruh pegawai dan penghuni lapas muslim.


Menurut Kepala Lapas Banjar Muhammad Maulana, program tersebut untuk menguatkan karakter dan ketakwaan para pegawai muslim dan penghuni lapas.

“Kami memiliki program tahfiz Quran. Satu hari harus hafal satu ayat. Wajib. Alhamdulillah selama program ini berjalan, rata-rata pegawai dan petugas Lapas serta narapidana sudah ada yang hafal beberapa surat Al-Quran,” kata Muhammad Maulana, Selasa (11/1/2022).

Ia menugaskan para pegawainya untuk menghafal ayat demi ayat sebelum dan sesudah salat subuh. Hal itu, kata dia, jika dilakukan secara serius dan rutin, maka penyerapan hafalan akan cepat pada waktu subuh.

“Menghafal sebelum salat subuh dan setelah subuh. Satu hari satu ayat, yang masuk ke ruangan saya harus nambah hafalan satu ayat. Kalau belum hafal, harus menghafal langsung di ruangan saya,” katanya.

Kata dia, surat yang dihafal hanya beberapa yakni surat Ar-rahman, Waqiah dan Al Mulk dan Yasin. Kalau sudah empat surat hafal akan diberi sertifikat. “Di sini pegawai yang sudah hafal empat surat ada tujuh orang. Kalau warga binaan ada 13,” katanya.

Maulana menyebut, dengan mengahafal Al-Quran, selain mendapat pahala juga akan meningkatkan kedisiplinan bekerja. Ia berharap semua pegawai bisa menyelesaikan target hafalan yang diprogramkannya tersebut.

“Pahalanya juga akan mengalir buat orang tua kita. Senjata di Lapas kami pakai Al-Quran. Kami targetkan 66 petugas bisa hafal semua,” katanya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: