Ahli AS: Rasakan Gejala Flu, Anggap Saja Sudah Tertular Omicron

Ahli AS: Rasakan Gejala Flu, Anggap Saja Sudah Tertular Omicron

Radartasik.com — Jika merasakan gejala seperti batuk, pilek, dan demam, seseorang diminta untuk segera melakukan tes apalagi di tengah munculnya varian Omicron yang cepat menular. Ahli epidemiologi di Amerika Serikat mendorong agar seseorang melakukan pengujian atau tes swab baik PCR atau antigen. 

Ahli epidemiologi Amerika Serikat yang juga Kepala Petugas Medis untuk Telehealth eMed, dr. Michael Mina mengatakan kepada CNN bahwa ada langkah segera yang perlu diambil saat merasakan gejala. Kuncinya, kata dia, saat sudah merasakan gejala, penting untuk segera lakukan tes.

“Yang penting adalah, ketika Anda merasakan gejala, anggap Anda positif pada saat ini, terutama dengan Omicron yang begitu umum,” kata Mina seperti dilansir dari Deseret News, Senin (9/1).

Menurut dr. Mina, seseorang didorong melakukan tes dan melihat garis samar di atasnya untuk menunjukkan infeksi positif. Sekalipun infeksi ringan pun tetap saja merupakan infeksi Covid-19.

“Apakah itu berarti Anda akan masuk ke sebuah ruangan dan menjadi superspreader? Tidak. Tapi kita tentu tidak ingin duduk bersebelahan dengan seseorang yang masih positif,” kata Mina kepada CNN.

Sebuah studi baru-baru ini oleh Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia dan departemen mikrobiologi di Rumah Sakit Universitas Oslo, Norwegia, melihat seberapa cepat varian Omicron dapat menyebar. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa ada jendela atau masa inkubasi tiga hari rata-rata dari paparan varian Omicron hingga muncul gejala varian Omicron. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: