Protes Penyerahan Nagorno Dan Karabakh, Ribuan Orang Turun Ke Jalan di Armenia

Protes Penyerahan Nagorno Dan Karabakh, Ribuan Orang Turun Ke Jalan di Armenia

Radartasik, Protes anti-pemerintah di ibu kota Armenia, Yerevan, terus berlanjut tapi pihak berwenang mengklaim bahwa bantuan dari luar tidak diperlukan untuk menangani kerusuhan tersebut.

Demonstrasi untuk menggulingkan Perdana Menteri Nikol Pashinyan telah berlangsung sejak 25 April. Ketidakpuasan itu dipicu oleh pernyataan Pashinyan yang banyak ditafsirkan menunjukkan kesediaan untuk berkompromi dalam masalah Nagorno-Karabakh, bahkan sampai menyerahkan wilayah yang disengketakan itu kepada Azerbaijan.

Armenia dan Azerbaijan terlibat perang berdarah untuk menguasai wilayah tersebut pada tahun 2020, yang telah mengalami gejolak sejak itu, yang terbaru terjadi pada bulan Maret lalu.

Meskipun banyak penangkapan, para pengunjuk rasa bertekad untuk melanjutkan aksi mereka.

“Kami telah memulai kerja keras dan sulit bersama-sama, tetapi dengan bersama-sama kami akan menyelesaikan pekerjaan ini dengan kemenangan, karena Anda teguh, kuat dan bertekad, kami bersatu,” kata  Ishkhan Saghatelyan tokoh oposisi selama demonstrasi di France Square di pusat Yerevan.

Lebih dari 400 orang telah ditahan dengan yang terbaru 73 orang telah dibawa ke kantor polisi menurut laporan Sputnik News mengutip juru bicara penegak hukum.

Sementara itu pemerintah Armenia membantah laporan bahwa Pashinyan diduga meminta Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif, aliansi militer Eurasia yang terdiri dari beberapa negara bekas Soviet, untuk membawa pasukan ke Armenia guna memadamkan protes.

“Ini benar-benar informasi yang salah. Dalam urusan politik dalam negeri, Pashinyan hanya mengandalkan kehendak rakyat Armenia. Penyelenggara demonstrasi hari ini telah menggunakan hak mereka untuk mengadakan demonstrasi selama sebulan, dan kontrol adalah tanggung jawab polisi Armenia,” Armen Grigoryan kata Sekretaris Dewan Keamanan dikutip dari Russian Today.

Dia juga mengklaim bahwa protes tersebut tidak mendapat dukungan publik yang luas.

Pashinyan bukan satu-satunya sasaran kemarahan para pengunjuk rasa. Saghatelyan sebelumnya mengatakan bahwa para pemimpin oposisi ingin berbagi visi mereka tentang situasi politik negara itu dengan duta besar negara-negara AS dan Uni Eropa.

“Dengan diam Anda, Anda berkontribusi pada kediktatoran di Armenia,” kata wakil presiden Majelis Nasional selama rapat umum, menyampaikan kata-kata ini kepada kepala misi diplomatik yang ingin dia temui.

“Duta besar yang terhormat, perwakilan dari organisasi internasional, hentikan standar ganda,” seru Saghatelyan kepada orang banyak.

BACA JUGA:Menteri Pertanian Ukraina Mengatakan Harga Gandum Bisa Naik 40 Persen Tahun Ini

Pernyataan yang awalnya memicu kerusuhan datang dalam pidato baru-baru ini oleh perdana menteri kepada Parlemen di mana dia mengatakan: “Hari ini komunitas internasional memberi tahu kami lagi,  turunkan tolok ukur Anda pada status Nagorno-Karabakh sedikit dan pastikan konsolidasi internasional yang lebih besar di sekitar Armenia dan Artsakh.”

Jika tidak, menurut perdana menteri masyarakat internasional akan meminta Armenia untuk tidak bergantung padanya karena tidak akan dapat membantu.

Pernyataan Perdana Menteri Nikol Pashinyan mendapat kritikan tajam, sekutunya kemudian menuduh oposisi menggunakan pernyataan itu sebagai dalih untuk permainan politik, bersikeras bahwa Pashinyan tidak berencana untuk memberikan Nagorno-Karabakh.

Armenia dan Azerbaijan berperang selama 44 hari pada tahun 2020, Azerbaijan berhasil merebut kembali  sebagian Nagorno-Karabakh, wilayah yang disengketakan yang dikendalikan oleh orang-orang Armenia sejak awal 1990-an. Gencatan senjata yang ditengahi Moskow dengan mengirim penjaga perdamaian Rusia ke wilayah tersebut.

Tetapi situasi di lapangan tetap tegang dengan kedua belah pihak saling menuduh memprovokasi permusuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today