Menteri Pertanian Ukraina Mengatakan Harga Gandum Bisa Naik 40 Persen Tahun Ini

Menteri Pertanian Ukraina Mengatakan Harga Gandum Bisa Naik 40 Persen Tahun Ini

Radartasik, Komunitas global perlu bersiap untuk harga gandum yang naik menjadi $700 per ton tahun ini, melonjak hampir 40% dari harga saat ini sebesar $430 menurut menteri kebijakan agraria dan pangan Ukraina, Mykola Solsky dikutip dari TASS.

“Apakah kita siap membayar $500, $600, $700 per ton? Situasinya kritis untuk negara-negara Asia dan Afrika, yang sebagian besar mengimpor gandum dari Ukraina,” tambah Solsky.

Dia juga memperingatkan bahwa panen negara itu tahun ini bisa jauh lebih rendah daripada tahun 2021.

"Tahun ini kami mengharapkan penurunan 50% dari panen tahun lalu karena operasi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina ditambah musim tanam berikutnya dalam bahaya,” tambahnya.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres mengatakan komunitas global tidak akan dapat sepenuhnya menyelesaikan krisis pangan tanpa gandum Ukraina dan pupuk Rusia dan Belarusia, ia menjelaskan bahwa Produk dan pupuk Rusia harus memiliki akses penuh dan tidak terbatas ke pasar dunia.

Awal bulan ini Guterres memperingatkan bahwa seperlima umat manusia berada dalam risiko kemiskinan dan kelaparan karena situasi saat ini di pasar gandum.

Kekhawatiran atas gandum telah tumbuh sejak Februari, ketika Rusia meluncurkan operasi militernya di Ukraina. Pelabuhan Rusia dan Ukraina di Laut Hitam yang digunakan untuk mengirim biji-bijian dihindari oleh para pengirim barang.

Sanksi Barat juga membatasi ketersediaan tanaman dan pupuk dari Rusia dan Belarusia di pasar global. Dengan pertumbuhan harga biji-bijian global, pemasok utama seperti Rusia, Kazakhstan dan India untuk sementara menghentikan ekspor untuk melindungi pasar domestik mereka.

BACA JUGA:Timur Tengah dan Afrika Utara Menghadapi Krisis Gandum Karena Perang Ukraina

Sebelumnya Rusia telah mengecam proposal Uni Eropa untuk mengosongkan gudang gandum di Ukraina, langkah tersebut hanya akan melayani negara-negara anggotanya dan meninggalkan Ukraina tanpa cadangan pangan.

Tanggapan Rusia datang setelah kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell menyatakan bahwa Ukraina harus dibantu dalam memproduksi dan mengekspor biji-bijian dan gandum, ia menambahkan bahwa Uni Eropa akan membantu negara itu mengosongkan toko biji-bijian untuk membebaskan ruang untuk panen berikutnya.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga telah meminta AS untuk melonggarkan sanksi atas ekspor pupuk kalium dari Rusia dan Belarusia sebagai imbalan agar Rusia mengizinkan pengiriman gandum dari Ukraina.

Namun, proposal ini hanya bermanfaat bagi Barat, kata politisi Rusia, Vyacheslav Volodin.

“Penduduk Ukraina akan menemukan diri mereka tanpa cadangan biji-bijian, untuk panen di masa depan, pertama mereka masih harus hidup untuk melihatnya, kedua, mereka tidak memiliki bahan bakar solar dan bensin untuk disemai,” kata Volodin.

“Hanya negara-negara Eropa yang akan mendapat manfaat dari proposal sinis seperti itu. Keinginan untuk mendapatkan pupuk kalium dari Rusia, karena mereka tidak memilikinya sendiri, hal ini ,lagi-lagi tentang diri mereka sendiri,” lanjutnya dikutip dari Russian Today.

Politisi itu melanjutkan dengan mencatat bahwa Rusia selalu mendukung kerja sama yang saling menguntungkan dan memperingatkan sanksi baru tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik untuk Eropa.

Volodin juga menjelaskan  selain masalah energi, dunia akan menghadapi kekurangan pangan pada akhir tahun dan masalah ini bukan kesalahan Rusia.

“Brussels mendukung kebijakan sanksi Washington. Sebagai imbalannya, mereka menerima kenaikan harga atas nama Biden,” tutup Volodin.

Bulan lalu Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim bahwa Kiev secara teratur mengirim biji-bijian, jagung, tanaman minyak dan hewan ternak ke Rumania dengan imbalan senjata dan amunisi meskipun negara itu mengalami kekurangan makanan dan produk pertanian.

“Semua ini terjadi dengan kekurangan makanan yang akut untuk populasi mereka sendiri, serta tidak adanya tanaman biji-bijian di sebagian besar wilayah Ukraina untuk musim tanam di musim semi,” tutur Kolonel Jenderal Mikhail Mizintsev, kepala Manajemen Pertahanan Nasional Rusia.

Konflik yang sedang berlangsung di Ukraina telah memicu kekhawatiran akan kekurangan biji-bijian global karena harga gandum telah melonjak ke level tertinggi beberapa tahun sejak bulan Maret. Baik Rusia dan Ukraina adalah pemasok gandum utama, menyumbang sekitar 30% dari ekspor global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today