Badan Keamanan Kesehatan Inggris Sebut Monkeypox Potensial Serang Gay

Badan Keamanan Kesehatan Inggris Sebut Monkeypox Potensial Serang Gay

“Secara historis, wabah ini sudah 8 kali terjadi di eropa, dan ini penyakit biasa,” kata Jimmy Whitworth, seorang profesor kesehatan masyarakat internasional di London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Portugal telah mencatat 5 kasus yang dikonfirmasi, dan Spanyol sedang menguji 23 kasus potensial. Tidak ada negara yang melaporkan kasus sebelumnya.

Kini para ahli memperingatkan penularan yang lebih luas jika kasus tidak dilaporkan.

Peringatan Badan Keamanan Kesehatan Inggris juga menyoroti bahwa kasus-kasus baru-baru ini sebagian besar di antara pria yang mengidentifikasi diri sebagai gay, biseksual atau pria yang berhubungan seks dengan sesama jenis.

Salah satu skenario yang mungkin terjadi di balik peningkatan kasus adalah peningkatan perjalanan karena pembatasan Covid-19 dicabut.

“Teori kerja saya adalah bahwa ada banyak kasus di Afrika barat dan tengah, perjalanan telah dilanjutkan, dan itulah mengapa kami melihat lebih banyak kasus,” kata Whitworth.

Monkeypox membuat ahli virologi waspada karena termasuk dalam keluarga cacar, meskipun menyebabkan penyakit yang kurang serius. (disway.id) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: