Jadi Solusi Krisis Air Bersih

Jadi Solusi Krisis Air Bersih

radartasik.com, BANJAR— Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih menargetkan dua minggu kedepan air bersih di Intalasi Pengolahan Air (IPA) Situ Batu mengalir ke rumah pelanggan atau sambungan rumah (SR) Perumdam Tirta Anom Kota Banjar.


“Saya ingin air dari IPA Situ Batu bisa segera bisa dinikmati oleh masyarakat. Dua minggu air harus mengalir ke rumah warga ya,” kata Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih, Minggu (31/10/2021).

Ade Uu mengatakan wilayah Kecamatan Banjar sering krisis air bersih dampak dari musim kemarau. Beberapa wilayah seperti Balokang, Jajawar, Situ Batu, Cibeureum, bisa disuplai air bersih dari IPA Situ Batu.

“Sehingga permasalahan krisis air bersih di beberapa desa di Kecamatan Banjar itu bisa teratasi dengan adanya air bersih dari Perumdam Tirta Anom,” kata Ade Uu Sukaesih.

Direktur PDAM Tirta Anom Kota Banjar E Fitrah Nurkamilah mengatakan, untuk mengalirkan air bersih dari IPA Situ Batu pihaknya perlu melakukan percobaan aliran dari IPA hingga ke sambungan rumah. Kata dia, saat ini sudah ada sekitar 213 SR yang sudah siap untuk mendapat aliran air bersih.

Sementara untuk sambungan rumah yang menunggu pemasangan jaringan air bersih saat ini sudah ada sekitar 2.326 rumah. “IPA Situ Batu kami prioritaskan untuk wilayah Banjar bagin selatan. Ada 213 yang sudah sudah siap menerima aliran air bersih. Kemudian untuk daftar tunggu sudah ada sekitar 2.326 rumah yakni di Neglasari, Situ Batu, dan Cibeureum. Mudah-mudahan dua minggu kedepan bisa terlaksana,” kata Fitrah Nurkamilah.

Ia mengakui jika beberapa wilayah di Kecamatan Banjar itu menjadi langganan krisis air bersih. Bahkan belum lama ini juga, BPBD Banjar rutin menyuplai air bersih yang diambil dari Perimdam Tirta Anom Banjar.

“Iya memang wilayahnya sering kesulitan air bersih. BPBD juga rutin menyuplai bantuan air bersih menggunakan truk tangki. Mudah-mudahan, dengan berfungsinya IPA Situ Batu, persoalan kekeringan di beberapa desa tersebut bisa diatasi,” katanya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: