Ikut Dorong Pariwisata di Pulau Komodo BRI Peduli Berikan Bantuan Infrastruktur

Ikut Dorong Pariwisata di Pulau Komodo  BRI Peduli Berikan Bantuan Infrastruktur

Radartasik.com, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) turut serta secara langsung dalam mendongkrak perekonomian masyarakat di Desa Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Salah satunya dengan membangun sejumlah infrastruktur penunjang di objek wisata alam yang dijadikan situs warisan dunia oleh UNESCO tersebut. 

Adapun bantuan pembangunan infrastruktur tersebut diantaranya berupa dermaga, renovasi balai desa, pembangunan jalur tracking dan sarana penunjang lainnya, seperti signage, gazebo atau pos istirahat.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan bahwa program bantuan infrastuktur yang diberikan BRI tersebut merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) perseroan. Tujuannya adalah, untuk ikut membantu menarik minat wisatawan agar dapat berkunjung dan melihat lokasi kerajinan kayu, yang dikelola langsung oleh masyarakat di Desa Komodo.

Mengingat selama ini para wisatawan hanya mengenal Pulau Komodo dari kehadiran hewan Komodo-nya saja. Padahal ada pula budaya masyarakat setempat yang memang perlu diangkat dan diperkenalkan secara luas, karena juga memiliki daya tarik tersendiri.

“Dengan pengembangan infrastruktur dan pariwisata di wilayah yang dikelola oleh masyarakat setempat, maka akan ada dampak langsung kepada perekonomian masyarakat di Desa Komodo,” ujar Catur.

Dia pun menjelaskan bahwa berbagai bantuan yang diberikan BRI, khususnya untuk masyarakat Desa Komodo merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR BRI yang dikenal dengan nama BRI Peduli. Dan dalam menjalankan program BRI Peduli, BRI memiliki konsep untuk membantu meningkatkan kondisi lingkungan atau Pro Planet, masyarakat atau Pro People dan ekonomi atau Pro Profit.

“Adapun bantuan di Pulau Komodo ini merupakan bentuk yang Pro People dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui sektor pariwisata,” tuturnya. 

Sementara itu melalui berbagai aksi CSR BRI Peduli yang tersus berkesinambungan, BRI telah dinobatkan menjadi bank terbaik dalam pelaksanan program tanggung jawab sosial perusahaan tersebut. Dimana selama 3 tahun berturut-turut yaitu pada 2018, 2019 dan 2020, BRI diganjar dengan predikat Best Bank For CSR in Indonesia dari Asiamoney Best Bank Award. (rls/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: