UMKM Jabar Menggeliat, KKJ 2022 Dorong Percepatan Ekonomi Hijau

UMKM Jabar Menggeliat, KKJ 2022 Dorong Percepatan Ekonomi Hijau

RADARTASIK, BANDUNGBank Indonesia Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jabar menggelar Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2022. Event tahunan bergengsi ini digelar di Trans Convention Center Bandung, Sabtu-Senin (14-16/5/2022). 

KKJ-PKJB resmi dibuka pada Sabtu oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P Joewono dan Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil. 

Event ini menyedot animo masyarakat Jawa Barat, transaksi di hari pertama mencapai Rp 10,8 miliar. Bahkan, hingga di akhir event KKJ mampu meraup transaksi fantastis. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto mengatakan dalam setiap event promosi seperti ini pihaknya tidak bisa mencatat transaksi yang hanya terjadi pada saat event saja karena sering kali transaksi itu terjadi pasca-event berlangsung.

BACA JUGA: Jajal Kuliner ala Jepang di favehotel

Dia menjelaskan, gelaran itu merupakan sebagai salah satu wujud peran Bank Indonesia Jawa Barat dalam pengembangan UMKM serta perluasan akses pasar produk unggulan.

Selain itu juga upaya mendorong percepatan ekonomi dan memperluas akses pasar produk UMKM Kreatif Jawa Barat baik di pasar domestik, maupun pasar global.

Dikatakannya juga, ada sekitar 12.000 UMKM unggulan Jawa Barat terlibat, yang terdiri dari produk kriya, fashion, craft, kuliner, kopi, dan teh, serta pariwisata khas Jawa Barat. 

”KKJ-PKJB kali ini menghadirkan 87 UMKM kreatif Jawa Barat dengan produk premium kriya, fashion, kuliner, animasi dan produk kreatif lainnya, yang merupakan mitra Bank Indonesia, Dekranasda dan perbankan di wilayah Jawa Barat,” katanya. 

Selain itu, aneka kopi premium khas Jawa Barat, produk teh unggulan Jawa Barat dengan beragam cita rasa tinggi juga dapat dinikmati mulai dari proses pengolahannya. 

BACA JUGA: Penjualan Meningkat, Selma Tebar Hadiah

Dalam upaya mewujudkan ekosistem ekonomi hijau, KKJ-PKJB 2022 menampilkan showcasing produk UMKM sektor industri kreatif ekonomi hijau seperti ecoprint, pemanfaatan pewarna alam, daur ulang limbah tekstil menjadi pakaian ready to wear, serta pemanfaatan sisa-sisa material produksi. 

Konsep zero waste management juga hadir dengan menggandeng Bank Sampah Bersinar, komunitas yang pada tahun 2021 memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Bank Sampah Terbaik se-Indonesia. 

”Upaya tersebut merupakan wujud kontribusi KKJ-PKJB 2022 bagi pengembangan ekonomi hijau untuk menanggulangi kemiskinan, mendorong inklusi sosial, kelestarian lingkungan dan efisiensi sumber daya,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: