YAI Bangun Asrama Yatim Piatu di Tawang Banteng

YAI Bangun Asrama Yatim Piatu di Tawang Banteng

radartasik.com, SUKARATU - Yayasan Alpha Indonesia (YAI) Cabang Tasikmalaya membangun asrama yatim piatu di Kampung Sindang Reret RT/RW 05/01 Desa Tawang Banteng Kecamatan Sukaratu.


Ketua Yayasan Alpha Indonesia Cabang Tasikmalaya Bualdian Kholik mengatakan, sebagai bagian dari komponen bangsa tergerak untuk membuat dan memberikan kontribusi pembangunan dalam sektor pendidikan di lingkungan untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

“Kami memberikan pendidikan baik formal maupun informal dan juga memberikan pelatihan-pelatihan yang mengarahkan kepada masyarakat di lingkungan, untuk bisa memiliki berbagai keterampilan, sehingga mereka dapat hidup dengan mandiri,” ujarnya kepada Radar, Selasa (28/9/2021).

Kata dia, asrama ini rencana dibangun dua lantai yang berdiri di atas lahan seluas 22 bata. Nantinya, akan dijadikan sebagai asrama sekaligus rumah pemberdayaan masyarakat. Proses pembangunannya sudah dimulai sejak 4 Juli 2020 lalu dan saat ini sudah mencapai 30 persen.

Dibangunnya asrama ini, kata dia, bisa membantu dari pada anak-anak yatim piatu untuk masalah pendidikan dan juga untuk masa depan membantu pekerjaannya dengan menciptakan lapangan kerja untuk mereka.

“Target kuota untuk 40-50 anak yatim piatu, nanti diutamakan untuk wilayah Desa Tawang Banteng. Adapun nanti yang dari luar daerah dan misalkan ada dari luar kecamatan bisa menerima selama itu masih mampu untuk menampung,” kata dia, menjelaskan.

“Nanti kegiatan yang dilakukan di asrama ini, kita mendoakan acara istigasah bersama untuk para donatur, ada juga bimbel dan juga akan membangun tempat pendidikan PAUD. Ditargetkan pembangunan asrama ini dapat selesai akhir tahun ini, sehingga tahun depan bisa dapat digunakan,” ucapnya.

Yayasan Alpha Indonesia ini memiliki beberapa cabang, selain di Tasikmalaya juga terdapat cabang lainnya. Ada di daerah Semarang, Yogyakarta, Bandung, Bogor, Bekasi dan juga daerah Lampung. “Ke depan, insyaallah ini akan berskala nasional mencakup se-Indonesia, agar anak-anak yatim piatu bisa terperhatikan. Jadi bukan tugas negara saja yang membantu memelihara anak-anak yatim piatu ini, melainkan yayasan bisa membantu,” ujar dia.

Lanjut dia, kebutuhan untuk pembangunan asrama ini mencapai Rp 800 juta. Sementara, saat ini baru tercapai Rp 100 juta. Jadi kekurangannya masih banyak, sehingga bagi para donatur yang ingin membagi sedikit rezekinya bisa transfer ke nomor rekening Bank Mandiri 177-00-0639014-7 atas nama Yayasan Alpha Indonesia. Para donatur juga bisa donasi langsung ke lokasi pembangunan atau pun bisa dijemput.

Pemerhati sosial Dede Suherman mengatakan, dia memiliki kepedulian terhadap pembangunan asrama bagi yatim piatu dan sangat mendukung. Sebab, ini merupakan tanggung jawab sebagai umat Islam. “Mudah-mudahan yang bangun asrama bagi saudara-saudara yang mengalami nasib kurang baik, bisa lebih terperhatikan,” kata dia.

“Sekecil apapun yang kita sumbangkan, yang kita bantu dalam pembangunan ini, untuk kemajuan yayasan ini, mudah-mudahan menjadi amal ibadah untuk nanti di akhirat. Mudah-mudahan masyarakat khususnya umat Islam terketuk hatinya mau menyisihkan sebagian rezekinya untuk kelancaran pembangunan,” kata dia menambahkan. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: