Polisi Siapkan 6 Tim Urai di Jalur Gentong, Tasikmalaya, Bolak-Balik Buka Arus Kepadatan Kendaraan Pebalik

Polisi Siapkan 6 Tim Urai di Jalur Gentong, Tasikmalaya, Bolak-Balik Buka Arus Kepadatan Kendaraan Pebalik

Radartasik, TASIKMALAYA – Kendaraan para pebalik dari arah Jawa melintasi jalur Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya mulai padat sejak kemarin Rabu (04/05/22). 

Bahkan, Jumat (06/05/22) dini hari di jalur Gentong, polisi kembali memberlakukan one way arus kendaraan. 

Karena tiap hari mulai terjadi peningkatan arus pebalik menuju arah Bandung-Jakarta.

Kasatlantas Polres Tasikmalaya Kota, AKP Engkos Kosasih menyebutkan, pihaknya mengoperasikan 6 tim urai khusus untuk membuka kepadatan kendaraan di Jalur Gentong.

Sebab menurut dia, peningkatan arus balik kendaraan mulai mengalami kenaikan 4 kali lipat sejak Rabu lalu. 

Hampir setiap harinya terdapat peningkatan jumlah kendaraan sampai 10.000 kendaraan dari hari sebelumnya sekitar 2.000 kendaraan per harinya. 

Kemacetan pun sempat terjadi mulai dari Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya-Gentong-Kadipaten sampai perbatasan Malangbong, Kabupaten Garut. 

"Iya benar jumlah peningkatan kendaraan arus balik mulai meningkat sampai 4 kali lipat dari dua hari usai Lebaran sebelumnya. Kita siagakan 6 tim urai yang membuka arus kendaraan sampai ke perbatasan Garut-Tasikmalaya di Malangbong," katanya.

Beberapa kendaraan yang mogok dan tak kuat menanjak pun menjadi penyebab terhentinya rentetan kendaraan di tanajakan ini. 

Soalnya, berbeda dengan arus mudik, arus balik bagi kendaraan yang melewati jalur Gentong sebagian besar adalah jalanan menanjak yang terjal. 

Sehingga selain penyempitan jalur, beberapa kendaraan yang tak kuat menanjak pun menjadi penyebab kemacetan. 

"Seperti tadi banyak yang mogok, sehingga menjadi semakin macet," tambah Engkos. 

Meski demikian, Engkos berharap para pengendara lewat Gentong-Tasikmalaya supaya waspada dan hati-hati saat melewati jalur tersebut. 

"Ini diprediksi masih terus terjadi sampai akhir musim liburan pekan depan. Sudah biasa arus balik Lebaran jalur ini diserbu para pemudik," pungkasnya. (rezza rizaldi / radartasik.disway.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: