Jamaah Aboge Banjarpanepen Baru Rayakan Idul Fitri Hari Rabu Ini

Jamaah Aboge Banjarpanepen Baru Rayakan Idul Fitri Hari Rabu Ini

Radartasik, BANYUMAS - Jika mayoritas umat Islam Indonesia sudah merayakan Idul Fitri 1443 H pada Senin (02/05/2022) lalu, justru Jamaah Islam Aboge di gerumbul Banjaran Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, baru merayakan lebaran pada hari Rabu ini (04/05/2022) . 

Hal itu ditandai dengan digelarnya salat Ied pada Rabu pagi sekitar pukul 06.00 Wib di masjid setempat. 

BACA JUGA:Puncak Arus Balik Diprediksi 6-8 Mei 2022, Volume Kendaraan Akan Tinggi, Pemudik Diimbau Mudik Lebih Awal

Seribuan jamaah Aboge yang terdiri dari orang dewasa, remaja dan anak-anak mengikuti salat sunah dua rakaat tersebut.

Dikutip dari radarbanyumas.co.id, sesepuh Jamaah Aboge, Miarso menjelaskan berdasarkan perhitungan kalender Alif Rabu Wage yang menjadi pegangan pihaknya, 1 Syawal 1443 H baru jatuh pada Rabu kliwon atau pada hari Rabu ini.

"Jumlah jamaah yang mengikuti salat Ied pada lebaran tahun 2022 ini ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya,” ungkap Miarso, usai salat Ied. 

BACA JUGA:Lagi, Mobil Avanza Tertabrak Kereta Api, Terseret sampai 100 Meter, Bagaimana Nasib 10 Penumpangnya?

Sementara itu, Ketua RT 3 RW 4 Sarifin menambahkan dirinya beserta jamaah Aboge lainnya pada Selasa (03/05/2022) kemarin masih menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Karena mereka mengawali puasanya pada Senin (04/04/2022) lalu. 

BACA JUGA:Gara-gara Tak Sengaja Pergoki Tetangganya Tengah Nyabu, Pardiansyah pun Dibacok

Kendati berbeda waktunya dengan hari raya Idul Fitri yang ditetapkan oleh pemerintah, Jamaah Aboge tetap berbaur dengan warga sekitar yang sudah merayakan Idul Fitri pada Senin lalu. 

 “(Untuk) halal bi halal warga di sini baru dilaksanakan pada Rabu ini mengikuti jamaah Aboge. Kendati sejak Senin sudah ada yang lebaran tetapi masih sepi, karena belum ada warga yang saling berkunjung,” terang Sarijan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: