SERU..! Setiap Sabtu Warga Ciaren Desa Balokang Antusias Gelar Kaulinan Buhun

SERU..! Setiap Sabtu Warga Ciaren Desa Balokang Antusias Gelar Kaulinan Buhun

radartasik.com, BANJAR - Upaya melestarikan permainan tradisional, khususnya di Jawa Barat yang mulai tergerus akibat perkembangan zaman dan teknologi, terus digalakan. 

Warga Kampung Cikole Dusun Ciaren RT 50 RW 13 Desa Balokang Kecamatan Banjar. Memainkan permainan tradisional atau Kaulinan Buhun atau Kaulinan Barudak. 

Permainan tradisional tersebut dimainkan oleh anak-anak, remaja, pemuda, tidak ketinggalan ibu-ibu dan bapak-bapak ikut bermain. 

"Kita geliatkan kembali kaulinan buhun (barudak) yang mulai tergerus akibat sering main gadget," kata Ketua Yayasan Gilang Sunda Nagari Erpan Rusdiana kepada wartawan, Sabtu (11/09/21). 

Dia menjelaskan, tujuan dilakukannya kaulinan buhun ini untuk mengurangi intensitas anak-anak, remaja dan dewasa bermain gadget tau Hanphone. 

Salah satu caranya dengan trauma healing memainkan Kaulinan Buhun. Sehingga bisa merubah kebiasaan main gadget dengan bermain kembali permainan tradisional. 

"Insyaallah akan terus konsisten memainkan Kaulinan Buhun, yang rencananya setiap hari Sabtu dilaksanakan," jelasnya.

Menurut dia, Kaulinan Buhun (Barudak) yang dimainkan tadi seperti Oray-orayan, Cingciripit, Endog-edogan, Tetemute, Perepet Jengkol dan permainan tradisional lainnya.

Anak-anak, remaja, pemuda pemudi, dan ibu-ibu serta bapak-bapak warga Dusun Ciaren saat memainkan permainan tradisional, Sabtu (11/09/21). anto sugiarto/radartasik.com

Agar anak-anak, remaja dan pemuda pemudi di lingkungan sini bisa memainkan dan kenal akan permainan tradisional yang sudah tergerus.

"Tidak hanya warga di lingkungan Ciaren saja, tapi juga terbuka bagi warga di luar Banjar. Bisa ikut bersama-sama bermain permainan tradisional ini agar terus dilestarikan jangan sampai punah dan hilang," ujarnya. 

Salah seorang anak, Diaz (9) mengaku senang mengikuti permainan tradisional ini, selain seru juga bisa tertawa bersama-sama dengan teman lain. 

"Nya resep, ulin barudak tadi. Biasa na mah main game online FF di hape. Tapi lebih seru nu tadi (lebih seri yang tadi, permainan zaman dahulu)," ucapnya. 

(anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: