Tomcat Berhasil Singkirkan Warga yang Isoter di GBP

Tomcat Berhasil Singkirkan Warga yang Isoter di GBP

radartasik.com, BANJAR — Sebanyak 18 orang yang tengah menjalani isolasi di Isolasi Terpadu (Isoter) Gelora Banjar Patroman (GBP) pindah ke Rumah Sakit Asih Husada. Kepindahan mereka menyusul banyaknya hewan serangga (tomcat) di Isoter.


“Kita pindahkan ke tempat isolasi di Rumah Sakit Asih Husada. Karena di GBP kondisinya banyak tomcat dan membahayakan bagi mereka (warga Isoter),” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar dr Andi Bastian, Rabu (1/9/2021).

Ia mengatakan pemindahan warga Isoter sudah dilakukan mulai Rabu menggunakan mobil ambulans. Mereka secara bergantian diangkut tenaga medis ke ruang isolasi RS Asih Husada.

“Semua kita pindahkan jadi tidak ada lagi yang menempati Isoter. Apakah nanti bakal dikembalikan lagi ke Isoter atau tidak, liat perkembangannya. Mudah-mudahan juga tidak ada penambahan lagi warga yang diisolasi,” kata Andi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kota Banjar Agus Nugraha mengaku langsung melakukan tindakan pasca adanya laporan warga isoman yang diserang tomcat. Menurutnya, Dinas Pemuda Pariwisata dan Olahraga yang menyiapkan tempat GBP sebagai lokasi Isoter telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan. “Untuk antisipasi adanya warga isoter yang digigit lagi oleh tomcat, kita sementara memindahkan yang isolasi ke Rumah Sakit Asih Husada,” kata Agus.

Sebelumnya, beberapa orang yang tengah menjalani isolasi di tempat Isolasi Terpusat di Sport Center Gelora Banjar Patroman (GBP) diserang tomcat. Serangga berwarna belang kuning-hitam pada tubuhnya itu ditemukan di lantai dua dan dinding Isoter.

Dhana Rexza Kusuma, warga Banjar yang tengah isoman mengaku digigit di bagian wajah dan dekat mata. Hasil gigitan tomcat itu menimbulkan iritasi, kemerahan, dan rasa terbakar pada kulit.

Bahkan, kata dia, teman satu ruangannya, Nanang mengalami lepuhan kulit di bagian leher. “Saya sudah di Isoter ini sejak tanggal 27 Agustus, dari awal masuk juga sudah banyak tomcat. Saya sudah laporan ke petugas tapi belum ada tindakan. Saya digigit di bagian wajah dekat mata, rasanya gatal dan panas di area yang digigit,” kata Dhana. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: