HEBAT.. Warga Desa Condong Jamanis Belajar Cara Pemakaman Jenazah Covid-19

HEBAT.. Warga Desa Condong Jamanis Belajar Cara Pemakaman Jenazah Covid-19

radartasik.com, JAMANIS - Pemerintah Desa Condong Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya memberikan sosialisasi sekaligus mempraktekan kepada relawan tentang penanganan jenazah pasien Covid-19, di Aula Desa Condong, Sabtu (19/06/21).

Asep Tabroni, Plt Kepala Desa Condong Kecamatan Jamanis mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menghadapi Covid-19.  

Para relawan di Desa Condong, perlu mendapatkan pengetahuan mengenai penanganan jenazah terinfeksi penyakit Covid-19 yang saat ini sedang merebak.

"In Syaa Allah kita sudah sangat siap untuk hal-hal terburuk sekalipun. Para relawan telah dibekali kemampuan untuk pengurusan jenazah hingga menguburkan. Seluruhnya dilaksanakan sesuai dengan protap kesehatan," ujarnya, saat ditemui Radar setelah kegiatan di Kantor Desa Condong.

Asep menyebutkan, mereka yang terdiri dari RT/RW ini, diminta agar menginformasikan kepada masyarakat siapa saja yang berminat ikut gabung menjadi relawan. 

Pasalnya di Desa Condong, sudah dua kali melakukan penguburan jenazah terkonfirmasi Covid-19. Ia bersyukur, sekarang jumlah relawan sudah mencapai 14 orang.

Dalam kegiatan tersebut, Asep menyampaikan, bahwa relawan harus siap ketika terjadi bencana alam maupun bencana non alam. 

Ketika terjadi bencana, mereka ini harus siap, bukan hanya di Condong saja melainkan di wilayah Kecamatan bahkan di luar Kecamatan Jamanis.

Salah satu yang harus di siapkan itu, diantaranya, hazmat Alat Pelindung Diri (APD) lengkap beserta alat pendukung lainnya. 

Ia akan berkoordinsi dengan kepala desa baru untuk mempersiapkan alat lainnya seperti cangkul, karena sebelumnya pinjam dari warga. 

"Untuk APD sendiri sebelumnya di siapkan oleh Kecamatan, sedangkan sekarang kami dari desa sudah menyiapkan sendiri. Pengadaannya bersumber dari Dana Desa, karena ini urgent untuk kepentingan masyarakat juga," kata dia.

Lanjut Asep, saat ini pihak desa menyediakan ruang isolasi untuk warga yang terkonfirmasi Covid-19. 

Ada 3 ruangan yang disiapkan di Desa, terdapat kasur, bantal dan selimut. 

"Sementara tempatnya di Aula Desa, namun jika nantinya tempat tersebut tidak memenuhi standar dan tidak memenuhi syarat akan mencari lagi tempat lain," ujarnya.

Kata Asep, ketika ada warga yang terkonfirmasi Covid-19, rata-rata mereka tidak mau di isolasi di Aula Desa. 

"Nanti kami akan mencari tempat yang boleh atau yang sesuai dengan keharusannya," ucap dia. 

Jumlah kasus Covid-19 di Desa Condong, tercatat 29 warga terkonfirmasi covid-19,  2 warga diantaranya meninggal dunia dan sebanyak 27 warga dinyatakan sembuh.

Kepala Puskesmas Kecamatan Jamanis, Hani Hariri S. Kep. Ners. M. Mkes mengungkapkan, penguburan jenazah yang disebabkan Covid-19 oleh relawan dinilai sangat penting. 

"Kami juga sudah meminta kepada Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk  agar diajarkan pelatihan tentang pengurusan jenazah yang dinyatakan covid-19," kata dia. (radika robi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: