Tas Alumni ITB dari Tasikmalaya Tembus Pasar Internasional, Bukti Ketekunan UMKM Lokal Naik Kelas
Owner Hirakiya Triani Restianti memperlihat produk tas yang sedang laris di kantornya Jalan Bantar, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Rabu 22 Oktober 2025. rezza rizaldi / radartasik.com--
BACA JUGA:Berikut 5 Prompt Gemini AI Bahasa Indonesia untuk Bikin Foto di Terminal Terlihat Sinematik
Kini, Hirakiya memiliki sekitar 15 orang tenaga produksi yang berlokasi di Cimuncang dan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.
Mereka bekerja secara kontrak eksklusif dengan merek ini.
“Dulu hanya ada satu karyawan administrasi, sekarang sudah ada tim khusus untuk administrasi, produksi, hingga marketing,” kata Triani.
Dalam sehari, tiap pengrajin mampu menghasilkan 1 hingga 1,5 lusin tas, dengan penjualan rata-rata 50–100 produk per hari.
BACA JUGA:BTN Salurkan KPP, Bunga KPR 6 Persen Per Tahun, Proses Tidak Ribet
Pada momen tertentu, seperti event Shopee, penjualan bisa meningkat 4–10 kali lipat.
Hirakiya kini juga memiliki Official Store di Shopee Malaysia, lengkap dengan legalitas administrasi yang sesuai standar internasional.
“Shopee sangat membantu dari sisi regulasi dan ekspor. Sekitar 20 persen omzet kami berasal dari penjualan luar negeri,” jelas Triani.
Triani berharap keberhasilan Hirakiya dapat menginspirasi pelaku UMKM Tasikmalaya lainnya untuk berani melangkah lebih jauh.
BACA JUGA:BSI Partisipasi dalam Penandatanganan Akad Massal KUR untuk 800 Ribu Pelaku UMKM
“Kami ingin membuktikan bahwa pengusaha daerah pun bisa percaya diri dan bersaing di level global,” pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber: