Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual Genetics Cegah Pelecehan Seksual di SMP Tasikmalaya

Minggu 01-09-2024,13:00 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Dalam upaya meningkatkan pengetahuan remaja mengenai pencegahan pelecehan seksual, Poltekkes Tasikmalaya melakukan gebrakan di akhir Agustus 2024.

Jurusan Kebidanan Poltekkes Tasikmalaya melakukan pengabdian masyarakat di SMP Terpadu Bugelan Tasikmalaya. Di lokasi itu dilakukan program promosi kesehatan menggunakan media audiovisual Genetics.

Program ini dipimpin oleh Herni Kurnia, SST., M.Keb., yang bertujuan untuk membebaskan generasi remaja dari pelecehan seksual.

Herni Kurnia mengungkapkan, berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada 10 remaja usia 13-14 tahun di SMP Terpadu Bugelan, Kecamatan Kawalu, ditemukan bahwa 90% dari mereka belum pernah mendapatkan promosi kesehatan mengenai pencegahan pelecehan seksual. 

BACA JUGA:Resep Udang Balon ala Sibungbung yang Lagi Viral, Rahasia Mengembang Sempurna dan Lezat

Selain itu, 65% remaja tidak mengetahui dampak dari pelecehan seksual, meskipun 90% menyatakan pentingnya promosi kesehatan dalam hal ini. 

"Menariknya, 80% remaja lebih memilih metode audiovisual untuk media promosi kesehatan," paparnya.

Menanggapi permasalahan ini, tim yang dipimpin olehnya mengembangkan beberapa solusi yang berfokus pada pendidikan kesehatan. 

Salah satu upaya utamanya adalah penggunaan media audiovisual Genetics yang berisi informasi penting untuk membantu remaja memahami dan mencegah pelecehan seksual. 

BACA JUGA:Buruan Daftar Yuk! Citilink Buka Program Magang untuk 4 Posisi

Media ini dirancang berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nunung Mulyani, APP., M.Kes., Herni Kurnia, SST., M.Keb., dan Mitha Riana Utari pada tahun 2022 lalu.

Program ini mencakup pemberian pendidikan kesehatan mengenai kesehatan reproduksi dan kekerasan seksual secara umum. 

Selain itu, tim juga menyediakan buku saku dan video Genetics yang dapat dijadikan pedoman lebih lanjut dalam pencegahan pelecehan seksual. 

Untuk memperluas jangkauan, dibentuk pula Duta Genetics yang bertugas mensosialisasikan informasi ini kepada seluruh siswa di SMP Terpadu Bugelan dan remaja di wilayah Bugelan.

BACA JUGA:BBM Pertalite Dihentikan 1 September 2024? Cek di SPBU Terdekat!

Kategori :