Kapolres Tasikmalaya Kota Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024

Selasa 20-08-2024,15:00 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Joko Sulistiono, mengungkapkan bahwa unsur Forkopimda dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya telah melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Lodaya 2024. 

Apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pengamanan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat, Wali Kota-Wakil Wali Kota Tasikmalaya dan Bupati-Wakil Bupati Tasikmalaya.

"Kami memiliki dua wilayah administrasi, yaitu Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya," kata AKBP Joko Sulistiono usai Apel Gelar Pasukan di Terminal Tipe A, Selasa 20 Agustus 2024.

"Oleh karena itu, gelar pasukan ini dihadiri oleh kedua pemerintahan tersebut. Kesiapan pengamanan telah kami koordinasikan dengan baik, termasuk dengan unsur TNI-Polri dan instansi terkait," sambungnya.

BACA JUGA:Acer Predator Helios Neo 16 Laptop Gaming dengan Desain Sangar

Sebelumnya, terang Kapolres, telah dilakukan Rapat Koordinasi lintas sektoral untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkada. 

Hari ini, lanjut Kapolres, dilakukan Gelar Pasukan sebagai bagian dari Operasi Mantap Praja Lodaya 2024 yang mulai efektif besok di wilayah hukum Polda Jawa Barat.

"Kami akan mengawal setiap tahapan Pilkada dan memastikan situasi Kamtibmas tetap kondusif, sehingga aktivitas masyarakat dapat berjalan normal," terangnya. 

Terkait potensi kerawanan konflik, Kapolres menyatakan pihaknya akan melakukan pemetaan, mengidentifikasi masalah, dan menerapkan langkah-langkah preventif untuk menekan potensi gangguan.

BACA JUGA:Pria di Tasikmalaya Curi 12 Motor dengan Modus Proyek Fiktif, Korbannya Buruh dan Tukang Las

Sebanyak 800 personel gabungan TNI-Polri, bersama pemerintah daerah, terlibat dalam Apel Gelar Pasukan ini. "Ini menunjukkan bahwa pemerintah siap mengawal jalannya demokrasi," tegasnya.

Kapolres juga mengimbau seluruh masyarakat Tasikmalaya untuk menjaga kedamaian dan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif selama Pilkada 2024 berlangsung.

Kategori :