Rayakan Hari Kemerdekaan ke-79, Warga Kota Tasikmalaya Hiasi Tembok dengan Mural

Jumat 02-08-2024,14:00 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, warga Kampung Gunungtujuh RT04 RW08, Kelurahan Sukarindik, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, merayakannya dengan cara yang istimewa. 

Mereka menghiasi tembok sepanjang 25 meter dan setinggi 2 meter dengan mural bertemakan kemerdekaan yang juga disebut Agustusan.

Salah satu warga setempat yang juga Tokoh Masyarakat, Jajang Kurniawan, berbagi cerita tentang pembuatan mural ini. 

"Tembok sepanjang 25 meter ini dilukis oleh warga. Kami sangat antusias menyambut hari kemerdekaan. Pembuatan ini sudah hampir selesai, dengan berbagai gambar yang menggambarkan semangat kemerdekaan," ujar Jajang kepada wartawan, Jumat 2 Agustus 2024.

BACA JUGA:Rumor Transfer Persib Ini Penjelasan Bojan Hodak Terkait Masa Depan Abdul Aziz dan Zalnando, Jadi Dipinjamkan?

Mural yang menghiasi tembok Kampung Gunungtujuh mencakup berbagai gambar, mulai dari Burung Garuda, Bung Karno, Maung Siliwangi, hingga Koi Merah Putih. Grafiti penuh warna juga menuliskan nama "Kampung Gunungtujuh".

"Ini pertama kalinya kami membuat mural di tembok, tapi perayaan dan dekorasi meriah seperti ini sudah menjadi tradisi di kampung kami," terang Jajang.

Kehadiran Deni, pelukis profesional setempat, memberikan sentuhan artistik pada mural tersebut. 

Selain mural, warga juga sibuk membuat replika dan pernak-pernik bertemakan kemerdekaan untuk menghiasi lingkungan. 

BACA JUGA:Satgas TMMD ke-121 Kodim 0612/Tasikmalaya Gelar Penyuluhan Stunting di Kecamatan Pancatengah

Umbul-umbul dan bendera merah putih akan segera dipasang, menambah semarak perayaan.

"Pembuatan mural ini bertujuan mengajak generasi muda peduli dan membangun kampungnya sendiri, serta memberi ruang bagi mereka yang berbakat seni untuk mengekspresikan diri," ujar Jajang.

Inisiatif ini dipimpin oleh Ketua RT setempat, Kokos, yang berharap kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat dan menyampaikan pesan moral, terutama kepada generasi muda. 

Semangat kebersamaan dan cinta tanah air yang terpancar dari mural ini tidak hanya memperindah kampung, tetapi juga menyatukan warga dalam semangat kemerdekaan.

BACA JUGA:Warga Kawalu Kota Tasikmalaya Kaget, Ular Welang Melintas saat Tertidur, Beruntung Tak Digigit

Kategori :