Lagi! Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Luncurkan Inovasi, Hadirkan Kursi Esa Portable Persalinan Lebih Mudah

Minggu 28-07-2024,17:51 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya terus melakukan berbagai penelitian untuk menghasilkan invosasi dalam bidang kesehatan yang berdampak pada pelayanan masyarakat menjadi lebih mudah dan prima. 

Setelah sukses meluncurkan Emergency Food, kali ini tim peneliti dari kampus tersebut menghadirkan inovasi yang membuat persalinan ibu hamil makin mudah. Bahkan, berkat inovasi ini proses persalinan di lokasi bencana tetap dapat dilayani dengan prima.

Inovasi terbaru ini disebut dengan kursi Esa portable. Hal ini seperti diungkapkan Ketua Team Penelitian Kursi Esa Portable Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Dr Meti Widiya Lestari, SST, M. Keb belum lama ini, 24 Juli 2024 saat diseminasi.

"Kursi Esa portable ini selaras dengan COE (center of excellence) Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya dalam bidang kedaruratan dan kebencanaan," paparnya.


Kursi Esa portable hasil inovasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Istimewa--

Kursi Esa, kata dia, dikembangkan untuk dapat dipergunakan ketika terjadi bencana dengan tingkat fleksibelitas tinggi dan fungsi yang bisa digunakan secara mobile di tempat bencana.

"Dan Alhamdulillah pada kesempatan ini kami diberikan kesempatan untuk melakukan diseminasi penelitian KUPTK ini bersama para stakeholder di lingkungan Provinsi Jawa Barat terutama untuk wilayah Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya," katanya.

Dengan diadakan desiminasi tersebut, terang dia, maka masukan daripada stakeholder mengenai pengembangan kursi Esa portable sangat konstruktif untuk bisa ditindaklanjuti agar bisa lebih baik lagi.

BACA JUGA:Nurhayati dan Muslim Lagi Lengket, Sinyal Bersama di Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya?

"Ini jadi target kami bukan hanya jadi keunggulan di Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Tapi sudah dikembangkan dan punya regristasi paten. Rencana kedepan dipasarkan dan bisa digunakan di masyarakat luas terutama oleh pratisi kesehatan pelayanan kebidanan kepada ibu bersalin," terangnya.

Anggota Team Penelitian Kursi Esa Portable Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Bidan Wiwin Mintarsih P, SSiT, M.Kes berharap, mudah-mudahan dengan pengembangan kursi Esa portable ini bisa dijadikan sebuah target pasar oleh stakeholder pemerintah pusat dan daerah guna didistribusikan ke fasilitas kesehatan. "Terutama di pelosok," harapnya.

Ketua IBI Kota Tasikmalaya Dr Hj Atit Tajmiati S.Kep.Ners MPd menuturkan, pihaknya menyambut baik sekali dengan hadirnya kursi Esa portable ini. Karena ergonomis, sehat dan aman.

"Kursi ini dibutuhkan sekali untuk ibu bersalin, karena tempat duduknya bisa diatur sesuai dengan luas ukuran panggul," tuturnya.

BACA JUGA:Badruzaman Terus Bergerak Menuju Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, Tak Akan Berhenti Sebelum Ada Final SK

Kemudian kursi ini didesain sesuai dengan berat badan dari ibu mulai dari ringan sampai kepada berat 150 kilogram dia mampu mengukurnya. 

Kategori :