Buruan Daftar! Kuota Beasiswa Dokter Spesialis Naik Lebih 2 Kali Lipat, Ini Linknya

Selasa 14-02-2023,05:45 WIB
Reporter : Ruslan
Editor : Ruslan

- RSUP Dr Kariadi Semarang

- RSUP dr M Djamil

- RSUP dr Johannes Leimena Ambon

- RSUP Dr Kandou, Manado

- RSUP Dr Mohamad Hoesin Palembang

- RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta

- RS Jantung dan Pembuluh Darah Paramarta

Peserta beasiswa fellowship dokter spesialis akan mendapatkan biaya penyelenggaraan fellowsihp, biaya hidup dan biaya operasional, biaya buku atau referensi sesuai SBM tahun berjalan.

3. Beasiswa untuk calon Dokter dan Dokter Gigi

Kemenkes juga memberikan beasiswa afirmasi dokter atau dokter gigi yang di prioritaskan untuk daerah Terpencil, perbatasan, kepulauan, daerah tertinggal, daerah bermasalah kesehatan dan daerah prioritas yang masih kurang dan tidak ada dokter dan dokter gigi.

Peserta berasal dari Lulusan SMA/Sederajat, mahasiswa Sarjana Kedokteran/Kedokteran Gigi dan Mahasiswa Profesi Kedokteran/Kedokteran Gigi.

Tahun 2022 Kemenkes telah memberikan beasiswa afirmasi kepada putra/putri daerah sejumlah 512 orang. Target pemberian beasiswa afirmasi dokter atau dokter gigi pada tahun 2023 sejumlah 800 orang peserta baru.

Rekrutmen beasiswa afirmasi dokter atau dokter gigi di lakukan 1 kali dalam setahun. Pada tahun 2023 akan dilaksanakan minggu pertama di bulan Mei 2023 dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: penerbitan surat edaran, pendaftaran peserta melalui bandikdok, seleksi administrasi, seleksi akademik dan penetapan surat keputusan penerima beasiswa afirmasi dokter atau dokter gigi.

Untuk mendapatkan beasiswa afirmasi dokter atau dokter gigi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: Direkomendasikan oleh dinkes kabupaten kota dan dinkes provinsi untuk didayagunakan setelah selesai pendidikan, berasal dari DTPK/ DBK dan daerah prioritas, lulus seleksi administrasi dan akademik.

Daerah yang sudah mendapatkan beasiswa afirmasi dokter atau dokter gigi ada 29 provinsi dan 207 kabupaten kota: Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Kategori :