Buruan Daftar! Kuota Beasiswa Dokter Spesialis Naik Lebih 2 Kali Lipat, Ini Linknya

Selasa 14-02-2023,05:45 WIB
Reporter : Ruslan
Editor : Ruslan

Arianti Anaya mengatakan program beasiswa pendidikan ini dapat mempercepat pemenuhan jumlah tenaga kesehatan khususnya dokter spesialis yang nantinya dapat tersebar secara merata di seluruh pelosok Tanah Air.

Upaya transformasi SDM Kesehatan juga dilakukan dengan cara meningkatkan mutu tenaga kesehatan melalui pendidikan. Beberapa program beasiswa pendidikan yang dilakukan Kementerian Kesehatan antara lain:

1. Beasiswa dokter spesialis-subspesialis/dokter gigi spesialis

Kementerian Kesehatan telah melaksanakan Program Bantuan Dokter Spesiallis-subspesialis/Pendidikan Dokter Gigi Spesialis sejak tahun 2008 hingga saat ini.

BACA JUGA: PERSEBAYA LUAR BIASA, Lumat PSS Sleman 4-2, Aji Santoso Seorang Jenius

Jumlah peserta telah mencapai 9.527 orang yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, terutama bagi putra putri di daerah Papua dan Papua Barat termasuk dari TNI dan Polri.

Peserta yang masih aktif di fakultas kedokteran maupun di kedokteran gigi yang melaksanakan Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Pendidikan Dokter Gigi Spesialis sampai Januari 2022 sebanyak 2144 orang.

Rinciannya, 1.888 dokter spesialis, 229 dokter gigi spesialis dan 29 dokter subspesialis serta telah lulus sebanyak 7.004 orang terdiri dari 6.596 dokter spesialis, 394 dokter gigi spesialis dan 14 dokter subspesialis.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, mekanisme pelaksanaannya sebagai berikut:

BACA JUGA: 6 Tips Mencegah Stunting pada Anak, Jangan Lupa Cukupi Kebutuhan Protein Hewani Sejak Hamil

a. Rekrutmen dilaksanakan 2 kali dalam setahun yang diperuntukkan bagi PNS dan Non ASN yang telah memiliki rekomendasi dari rumah sakit pemerintah dan telah mendaftar di salah satu dari 16 Fakultas Kedokteran dalam Negeri (Akreditasi A dan B) yang telah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan.

b. Pendaftaran melalui link bandikdok.kemkes.go.id

c. Prodi Peminatan adalah yang berhubungan dengan layanan KJSU dan KIA.

d. Tahapan seleksi:

- Seleksi Administrasi

- Seleksi Akademik sesuai di FK

Kategori :