Komisi VI DPR Imbau IFG Terus Fokus Bantu Kalangan UMKM

Selasa 12-10-2021,02:00 WIB
Reporter : Tiko

radartasik.com  — Komisi VI DPR RI, Mahfudz Abdurrahman meminta Indonesia Financial Group (IFG) untuk aktif membantu para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Tujuanya agar para pelakunya tetap bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19, salah satunya melalui adanya jaminan asuransi.

“Saya mengimbau perusahaan-perusahaan yang terlibat untuk memainkan peran dan fungsinya memberikan produk atau industri asuransi, yakni memberikan penjaminan terhadap para pelaku usaha,” kata Mahfudz dalam sosialisasi IFG yang digelar di Serua Green Village, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (11/10).

Diketahui, acara tersebut dihadiri PT Jasa Raharja, PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) yang semuanya merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Imbauan Mahfudz tersebut mendapat sambutan positif dari perbankan dan asuransi. Pimpinan Askrindo Wilayah II Bandung, I Gede Putrawidjadja menegaskan, pihaknya mempunyai visi menjadi perusahaan penanggung risiko yang unggul dengan layanan global guna mendukung perekonomian nasional.

Di sisi lain, Kepala Jasa Raharja Perwakilan Bogor, Cynthia Eveline Jonathans menyampaikan, tugas pokok Jasa Raharja sebagai penjamin pertama korban kecelakaan lalu lintas yang terjamin UU 33/1964 tentang dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang dan UU 34/1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan.

Adapun Satellite Branch Manager PT Jasindo, Muchlisinalahuddin Dwi Timur Prasetyo mengungkap ada sejumlah asuransi yang masuk ke dalam program pemerintah. Semisal asuransi usaha tani padi terkait perlindungan resiko gagal panen, asuransi usaha ternak sapi mengenai perlindungan risiko atas kematian dan kehilangan sapi.

“Kemudian asuransi nelayan, yaitu perlindungan risiko atas kematian dan cacat nelayan saat di laut atau di darat, dan asuransi perikanan pembudidaya ikan kecil, yaitu perlindungan risiko atas kematian udang/ikan dan kegagalan usaha karena bencana alam,” tandasnya. (jpg)

Tags :
Kategori :

Terkait