DPUPR Kota Tasik Cek Banjir di Perempatan Mangin, Hasilnya..

DPUPR Kota Tasik Cek Banjir di Perempatan Mangin, Hasilnya..

KOTA TASIK - Dinas Pekerjaan Umum dan  Penataan Ruang (DPUPR) bidang Jalan dan Jembatan serta Bidang Pengairan, langsung cek lokasi genangan banjir di Perempatan Mangin-Rancabungur yang terjadi Rabu (02/06/21).

"Jadi tadi sudah kita lihat aliran air itu dari wilayah kewenangannya dulu ya. Air itu berasal dari muara yang di hulunya dari Sanghyangloba di Kabupaten Tasik," ujar Kabid Jalan dan Jembatan DPUPR Kota Tasik, Sandi Lesmana kepada radartasik.com, Selasa sore.

"Lalu dari hulu itu masuk ke aliran di wilayah kita ke saluran sungai ini untuk disebar ke aliran air irigasi di Mangin. Kalau kita berbicara induknya itu kewenangan yang lain," sambungnya.

Tapi, terang dia, pihaknnya sudah berbicara ke pengelolannya jangan sampai irigasinya di hulu, yang bukan dikelola Kota Tasik tapi banjirnya terjadi di wilayah Kota Tasik.

"Jadi hal ini tinggal bagaimana memenej aliran air saja. Kalaupun genangan yang tadi terjadi sebenarnya sudah kita antisipasi dengan membuat kanal pembuang atau pembuang pelimpah," terangnya.

Saat ini pihaknya masih melakukan pegecekan lagi karena ada kemungkinan air meluap karena ada penyumbatan atau ada sumbatan lain. 

"Yang jelas ada penyumbatan ya. Karena saat kita cek air di aliran induknya mengalir deras di pembuangan air sama sekali tak deras, bahkan cenderung stagnan alias flat," tambahnya.

Jelas dia, pihaknya akan kerjakan pengecekan secara seksama dan digali salurannya apakah ada sampah atau apa masih berproses pengecekannya. 

"Sebenarnya kalau secara visual di lapangan, pembuangan ini bisa mereduksi debit air sampai 40 persen. Jadi Insya Allah dengan pembuangan ini harusnya tak ada lagi genangan karena sudah direduksi 40 persen ke saluran itu yang mengalir ke Ciloseh," jelasnya. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: