Alhamdulillah.. Tren Kasus Covid-19 di Kota Tasik Terus Menurun

Alhamdulillah.. Tren Kasus Covid-19 di Kota Tasik Terus Menurun

KOTA TASIK - Pasca Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) dan libur Idul Fitri yang memasuki hari ke-11 hingga Minggu (23/05/21) sore, tren kasus positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya terus menurun.

"Alhamdulillah kondisi Covid-19 di Kota Tasik pasca Hari Raya Idul Fitri dan libur Idul Fitri ini, kondisinya tak seperti yang kita khawatirkan sejak awal menjelang Idul Fitri," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Uus Supangat kepada radartasik.com, Minggu (23/05/21).

"Kami dari Dinkes memang terus-terang bersama Satgas Covid mengkhawatirkan akan ada lonjakan kasus paska Hari Raya ini. Namun ternyata Alhamdulillah dengan berbagai upaya yang dilakukan, ternyata kekhawatiran kita tak terjadi," sambungnya.

Terang dia, sampai dengan hari ini tidak ada lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang sangat signignifikan. 

Walaupun memang saat tracing masih ditemukan kasus-kasus positif Covid. 

"Termasuk, yang tercatat dari sampling ataupun yang datang dari luar daerah ke Kota Tasik, itu yang kasus terkonfirmasi positif juga relatif sedikit alias tak banyak," terangnya.

Hal ini, beber Uus, tak terlepas dari kerjasama seluruh stakeholder yang ada. 

Yaitu Forkopimda, TNI, Polri, Kejaksaan dan lain sebagainya. Dan yang paling penting itu, unsur kesadaran masyarakat yang mulai tumbuh. 

"Ya syukur Alhamdulillah, kerumunan-kerumunan yang punya potensi untuk penyebaran Covid-19 walaupun diawal sangat mengkhawatirkan, tapi hingga kini yang terlihat sekali saat 2 hari sebelum Lebaran sampai hari ini relatif sudah terkendalikan," tambahnya.

Uus menambahkan, hal itu menekan jumlah kasus aktif yang muncul di Kota Tasik hingga kini. 

Kesadaran masyarakat yang datang ke Kota Tasik dari beberapa pantauan mereka juga sudah membawa keterangan bebas Covid.

"Berarti ini telah ada kesadaran dan sangat membantu sekali terhadap pengendalian lonjakan kasus. Kalaupun mereka tak memiliki surat keterangan sehat, mereka ada kesadaran diri memeriksakan diri ke Puskesmas atau ke kami di Dinkes," tambahnya.

Jelas dia, bagi mereka yang positif juga kini langsung sadar dan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Hal Ini membantu sekali dalam pengendalian Covid-19.

"Kemudian, imbas penutupan tempat wisata juga berpengaruh. Itu adalah upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemkot. Hal lainnya kan pembatasan jam, penyekatan dan lain sebagainya," jelasnya. 

(rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: