Daftar Harga Bahan Pokok di Pasar Cikurubuk yang Mulai Turun

Daftar Harga Bahan Pokok di Pasar Cikurubuk yang Mulai Turun

KOTA TASIK - Satu minggu setelah Idul Fitri, harga-harga sejumlah bahan pokok di Pasar Cikurubuk, Jumat (21/05/21) pagi mulai mengalami penurunan.

Petugas Adminstrasi Retribusi dan Monitoring Harga UPTD Pasar Resik 1 Kota Tasik, Dodi Indra mengatakan, kenaikan harga menjelang Lebaran sudah biasa terjadi.

Kata dia, biasanya kenaikan harga itu terjadi memasuki H-3 Lebaran hingga H+4 Lebaran. 

Sedangkan setelah melewati atau H+4  lebaran, harga-harga bahan pokok biasanya akan turun hingga kembali ke harga normal. 

"Memang siklusnya seperti itu, harga-harga di lapangan memang mulai turun saat ini," katanya kepada radartasik.com.

Terang dia, salah satu yang paling terlihat saat ini penurunan harga pada daging sapi, harga daging ayam kampung dan ayam sayur serta harga beberapa jenis sayuran.

"Harga daging sapi yang pada musim Lebaran kemarin sempat menembus angka Rp150.000 hingga Rp160.000 per kilogram," terangnya.

"Kini mulai berangsur turun dan berada dikisaran Rp 115.000 hingga Rp 140.000  setiap satu kilogramnya, tergantung jenis dan kualitas," sambungnya.

Salah seorang Penjual Daging Sapi di Pasar Cikurubuk, H Apong menuturman, sejak H+5 Lebaran kemarin, harga daging sapi mulai berangsur turun. 

"Ramainya permintaan daging oleh masyarakat selama musim lebaran biasanya tidak lebih dari satu minggu yaitu mulai H-2 lebaran hingga H+4 Lebaran," tuturnya.

Selain daging sapi, penurunan harga juga terjadi pada harga ayam kampung dan ayam sayur. 

Harga ayam kampung sempat naik harganya dan dijual Rp 80.000 per kilogram, kini turun menjadi Rp65.000 per kilogram.

Sedangkan untuk ayam sayur yang saat musim Lebaran harganya mencapai Rp45.000 per kilogram, kini mulai turun kembali ke Rp35.000 per kilogram.

Pedagang Sayur di Pasar Cikurubuk, Lili Suherli menandaskan, untuk sayuran penurunan harga terjadi pada harga cabai merah dan cabai kriting, kentang, serta buncis. 

Cabai merah yang pada Lebaran kemarin menyentuh angka Rp50.000 per kilogram kini turun menjadi Rp30.000 per kilogram.

Cabai keriting yang asalnya Rp 30.000 per kilogram turun menjadi Rp 25.000 per kilogram. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: