SMAN 10 Kota Tasik Cetak Prestasi Tingkat Jabar

SMAN 10 Kota Tasik Cetak Prestasi Tingkat Jabar

TASIK - SMAN 10 Tasikmalaya atau New Seputas serius dalam mengembangkan potensi siswa-siswanya untuk berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Targetnya bisa sukses menorehkan juara dari tingkat daerah, nasional, bahkan go Internasional.


Komitmen tersebut atas kerja sama warga sekolah dan kepemimA­pinan Kepala SMAN 10 Tasikmalaya Dr H Yonandi SSi MT.

Terbaru, siswi SMAN 10 Tasikmalaya Diana mendapatkan Juara 1 dalam Kejuaraan Beregu Putri IPSI Cup V tahun 2021 seleksi Atlet Team BK Porprov Jabar Tahun 2021. Ditambah, siswa SMAN 10 Tasikmalaya Banyu Hikmah, juara 2 Lomba Lagu Islami se-Jawa Barat yang diselenggarakan oleh IRMA Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat dan bank bjb.

“Kunci kesuksesan itu semua karena kita benar-benar menyongsong perubahan. Siswa-siswa SMAN 10 Tasikmalaya mampu memaksimalkan dan mengembangkan potensi,” kata Kepala SMAN 10 Tasikmalaya Dr H Yonandi SSi MT kepada Radar, Minggu (2/5/2021).

Cara Yonandi untuk mengejar prestasi siswa yakni berbagi peran dan kerja sama dengan penuh kekompakan antara guru dan siswa. Salah satu hasilnya yakni kesuksesan Diana mendapatkan juara ke-1 untuk Kejuaraan Beregu Putri IPSI Cup V tahun 2021 seleksi Atlet Team BK Porprov Jabar Tahun 2021.

“Siswa terus diberikan fasilitas untuk latihan, sehingga terbentuk menjadi seorang atlet silat yang mumpuni. Lalu, dalam prosesnya dibantu guru olahraga SMAN 10 Tasikmalaya Ibu Dewi, yang luar biasa mendidik siswa hingga juara,” ujarnya.

Sama halnya Banyu Hikmah yang mendapatkan juara 2 Lomba Lagu Islami se-Jawa Barat. Prestasi ini terwujud karena ada kerja sama guru dan siswa. Melalui bimbingan yang hebat dari guru pembimbingnya yakni Alvin dan Thalita serta guru PAI yaitu Euis.

“Guru-guru di SMAN 10 Tasikmalaya terbaik. Tanpa bimbingan seorang guru mereka tidak bisa menjadi seperti sekarang,” katanya.

        

Upaya selanjutnya untuk sekolah terus memotivasi para siswa mencapai prestasi yakni dengan pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi.

“Dengan begitu siswa berprestasi merasa dihargai sehingga akan mempertahankan prestasi, lalu siswa yang belum berprestasi akan berusaha untuk mencapainya,” ujarnya.

Siswi Berprestasi SMAN 10 Tasikmalaya Diana mengatakan, keberhasilannya mendapatkan juara ke-1 untuk Kejuaraan Beregu Putri IPSI Cup V tahun 2021 dapat membuktikan bahwa SMAN 10 Tasikmalaya sudah berubah menjadi sekolah yang terpandang. Semua itu berkat adanya dukungan sekolah dalam memberikan berbagai fasilitas, dukungan dan dorongan.

“Berkat sekolah yang memberikan fasilitas tempat latihan yang nyaman, saya bisa memberikan terbaik yaitu juara ke-1 untuk Kejuaraan Beregu Putri IPSI Cup V tahun 2021,” ujarnya.

Prestasi Diana dalam pencak silat bukan pertama kalinya. Ia sudah berprestasi sejak duduk di SMP dengan mendapat juara 3 kelas F putri tingkatan SLTP pada kejuaraan silat perisai diri se-Kota Tasikmalaya Wali Kota Cup VII tahun 2018. “Setelah melanjutkan pendidikan di SMAN 10 Tasikmalaya prestasi semakin melonjak dalam bidang pencak silat,” katanya.

Seperti, di tahun 2020 Diana mendapatkan juara 3 Beregu Putri Kejuaraan Pencak Silat Virtual Tingkat Nasional. Di tahun 2021 mendapatkan Juara 1 Beregu Putri Kejuaraan IPSI Cup V Tahun 2021 Seleksi Atlet Team BK Porprov Jabar Tahun 2021.

Siswa SMAN 10 Tasikmalaya berprestasi selanjutnya Banyu Hikmah menjadi juara 2 Lomba Lagu Islami se-Jawa Barat. Menurutnya raihan prestasi ini berkat dukungan sekolah, guru-guru, teman-teman, para guru pembimbing, dan doa kedua orang tua.

“Kuncinya adalah doa dari orang terdekat, fokus belajar dan bimbingan guru bidang sains dan seni musik,” katanya.

Lanjut Banyu, ia memberikan sedikit cerita tentang perjuangan sampai menjadi juara ke-2 bernyanyi lagu religi.

Hasil memuaskan tersebut tak lepas dari kontribusi SMA 10 Tasikmalaya yang telah mendidik siswa agar unggul dalam prestasi akademik dan non-akademik.

“Saya benar-benar berterima kasih kepada semua warga SMAN 10 Tasikmalaya karena sudah mau memberikan pelajaran berkesenian,” ujarnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: