Jalan Mulus MU Menuju Final

Jalan Mulus MU Menuju Final

JAKARTA — Manchester United menggelontor AS Roma dengan skor telak 6-2 pada leg pertama semifinal Liga Europa di Old Trafford, Jumat (30/04/2021) dini hari WIB.

Pesta gol MU kali ini dimulai Bruno Fernandes (9', 71'). Dilanjutkan Edinson Cavani (48', 64'). Paul Pogba (75'). Dan, Mason Greenwood (86').

Sejatinya, AS Roma memulai laga dengan baik. Setelah kebobolan lewat gol tendangan cungkil Bruno Fernandes di menit kesembilan, AS Roma mampu bereaksi dengan baik.

Roma menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Lorenzo Pellegrini enam menit berselang sejak gol Fernandes. Bahkan, Roma bisa unggul 2-1 lewat Edin Dzeko pada menit ke-34.

Man United jelas terkejut dengan comeback cepat Roma. Sayangnya, tim Italia tersebut harus membuat tiga pergantian pemain karena cedera.

Pergantian kiper menjadi momen penting. Pada menit ke-28, Pau Lopez mengalami cedera dan terpaksa diganti oleh Antonio Mirante. 

Mirante bisa mengawal gawang Roma dengan baik hingga babak pertama usai. Skor 1-2 mengantar para pemain ke ruang ganti.

Namun, torehan apik di babak pertama hancur di babak kedua. Aksi comeback Man Utd dimulai lewat gol Edinson Cavani di menit ke-48.

Cavani mencetak gol memanfaatkan umpan matang Fernandes. Tembakan Cavani ke pojok kiri gawang membuat Mirante tak berdaya. Setelah kedudukan sama 2-2, disitulah awal petaka bagi I Lupi (Serigala).

Alih-alih ingin mengejar kemenangan, pasukan Paulo Fonseca malah dikejutkan dengan gol Cavani di menit ke-64. Pemain asal Uruguay itu mencatatkan gol keduanya usai memaksimalkan bola muntah hasil tembakan Aaron Wan-Bissaka.

Selang lima menit kemudian, tepat pada menit ke-69, Man United mendapatkan hadiah penalti usai Smalling dinilai melanggar Cavani di kotak terlarang. Bruno maju sebagai algojo dan menuntaskannya dengan sempurna.

Pada menit ke-75 petaka kembali datang. Kali ini giliran Pogba mencatak gol yang menyambut umpan silang Bruno dengan sundulan terarah ke tiang jauh.

Melihat pertahanan tim tamu yang semakin kocar-kacir, The Reds Devils malah menambah penderitaan lewat gol penutup pada menit ke-86. Kali ini Cavani yang jadi kreator dengan umpan silang yang bisa disempurnakan Greenwood.

Pupus sudah harapan Edin Dzeko dan kawan-kawan dalam laga tersebut. Tidak ada gol tambahan di sisa laga. Wasit pun meniup peluit panjang. Skor 6-2 untuk kemenangan MU.

Dengan hasil tersebut, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer praktis hanya butuh hasil imbang di leg kedua untuk melaju ke laga pamungkas atau final.

Bahkan, jika kalah 0-3 pun akan tetap membuat MU melaju ke partai puncak. Pertemuan selanjutnya berlangsung di Olimpico, Jumat (07/05/2021) dini hari WIB pekan depan.

Namun sepertinya berat. Mengingat, Bruno Fernandes dan kawan-kawan sejauh ini memiliki catatan sempurna kala bermain di kandang lawan. Kendati harus menempuh jalan terjal, AS Roma patut optimis untuk mengejar ketertingalan. (der/fin)

Susunan Pemain:

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Scott McTominay, Fred (83' Nemanja Matic); Marcus Rashford (76' Mason Greenwood), Bruno Fernandes (90' Juan Mata), Paul Pogba; Edinson Cavani.
Cadangan: Juan Mata, Eric Bailly, Axel Tuanzebe, Dean Henderson, Mason Greenwood, Lee Grant, Alex Telles, Daniel James, Amad Diallo Traore, Donny van de Beek, Nemanja Matic, Brandon Williams.
Pelatih: Ole Gunnar Solksjaer

AS Roma (3-4-3): Pau Lopez (28' Antonio Mirante); Chris Smalling, Bryan Cristante, Ibanez; Rick Karsdorp, Amadou Diawara, Jordan Veretout (5' Gonzalo Villar), Leonardo Spinazzola (37' Bruno Peres); Lorenzo Pellegrini, Edin Dzeko, Henrikh Mkhitaryan.
Cadangan: Marash Kumbulla, Gonzalo Villar, Riccardo Ciervo, Davide Santon, Carles Perez, Borja Mayoral, Ebrima Darboe, Antonio Mirante, Bruno Peres, Daniel Fuzato.
Pelatih: Paulo Fonseca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: