Penerapan Prokes di Kota Banjar Harus Rangkul Tokoh Masyarakat

Penerapan Prokes di Kota Banjar Harus Rangkul Tokoh Masyarakat

BANJAR — Pemerhati sosial H Akhmad Dimyati mengatakan pemerintah harus menjadi panutan dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes). Pemerintah harus turun mengajak masyarakat dengan santun terkait penerapan prokes.


Dia menyebut salah satu cara mengurangi laju penyebaran virus corona mudah. Konsep pertama, kata dia, jangan terlalu buru-buru menyalahkan masyarakat dengan menyatakan masyarakat abai prokes.

Sebagai panutan, seharusnya kepala daerah (pemerintah) turun mengajak secara santun dan penuh kasih sayang ke masyarakat. Kedua, lakukan edukasi dengan cara TSM (terstruktur, sistemik dan massif).

Baca juga : 3.364 Pelanggan PDAM Kota Banjar Nunggak Pembayaran

Dia mengatakan jauhi cara-cara sporadis yang terlalu acak. Misal melakukan patroli ke jalan protokol. Harusnya, kata dia, ke gang-gang atau jalan yang banyak warga berkumpul.

“Hal itu dirasa lebih efektif penyampaian prokes ke masyarakat dibandingkan di jalan protokol. Karena belum tentu yang di jalan merupakan warga Banjar,” ujarnya.

Lanjut dia, dalam penyampaian prokes juga harus melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama. “Saat ini anggaran penanganan Covid-19 cukup besar. Seharusnya bisa dimaksimalkan lagi dalam pencegahan di masyarakat dengan terus melakukan blusukan,” ujarnya. (nto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: