Ramadan Bulan Pendidikan Karakter

Ramadan Bulan Pendidikan Karakter

Radartasik, TASIKMALAYA - SDN Dadaha Kota Tasikmalaya memanfaatkan momen Ramadan sebagai implementasi pendidikan karakter siswa. Tema yang diusung yakni Mencerdaskan Anak Bangsa dengan Berkarakter untuk Menjadi Takwa. 

Kepala SDN Dadaha Kota Tasikmalaya Yeni Wiarni SPd mengatakan, Ramadan adalah momen untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang. Oleh karena itu, SDN Dadaha melaksanakan kegiatan Ramadan. 

”Sebanyak 301 siswa dari kelas 1-6 mengikuti kegiatan Ramadan sebagai pendidikan karakter. Itu dilakukan shifting, sesuai peraturan SKB 4 Menteri yakni 50 persen,” ujarnya kepada Radar, Kamis (21/4/2022). 

Selanjutnya, dalam kegiatan Ramadan tersebut, para siswa dibimbing oleh guru agama. Dengan belajar pendalaman pendidikan agama Islam, mulai dari; azan, salat jamaah, hifzil Qur’an, musabaqah tilawatil Quran (MTQ) dan lainnya. 

BACA JUGA:SDI An-Nahl Asah Ilmu Pengetahuan Siswa Lewat Semarak Ramadan

“Diharapkan siswa memiliki kecerdasan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tentunya untuk menerapkan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Sebab yang dinantikan, setelah menerima pendidikan karakter selama Ramadan di sekolah, mereka melaksanakan penilaian. Penilaiannya, seperti azan, hifzil Qur’an, MTQ untuk memilih siswa yang terbaik, dalam kegiatan pentas PAI mendatang.

“Ketika sudah mengambil siswa yang berkompetensi sesuai bakatnya, mereka bisa mewakili sekolah minimal ke tingkat kecamatan,” ujarnya.

Menambahkan, Koordinator Kegiatan Ramadan SDN  Dadaha Kota Tasikmalaya Yadin Heryadin SPd menjelaskan, kegiatan pembiasaan pendidikan karakter bukan hanya pada di Ramadan saja melainkan hari-hari biasa terus melaksanakan pendidikan karakter, seperti setiap Jumat ada salat duha dan kuliah tujuh menit

“Oleh karenanya, pada Ramadan kali ini siswa bisa mendapatkan pengembangan lebih dalam tentang pendidikan agama Islam. Sehingga menunjang pembentukan karakter siswa,” katanya.

Oleh karenanya, pendidikan karakter selama Ramadan di sekolahnya bukan hanya sekadar diajak ibadah saja. Juga menunjung prestasi keagamaan yang ada.

BACA JUGA:Ponpes Al Amin Berikan 6 Hadiah Umrah untuk Hafiz Qur'an

“Intinya kegiatan ini dapat menggali lebih bagus pemahaman dan potensi siswa. Sehingga siswa kita mampu bersaing dengan sekolah lain saat diadakan Pentas PAI,” ujarnya. Adapun jadwal pendidikan karakter di masa Ramadan di mulai dari 11-16 April di madrasah masing-masing dan 18-23 April di sekolah. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: