Ganjil Genap Bisa Picu Lonjakan Pemudik, Begini Skenario Polisi di Kota Tasikmalaya

Ganjil Genap Bisa Picu Lonjakan Pemudik, Begini Skenario Polisi di Kota Tasikmalaya

Radartasik, KOTA TASIK - Rencana penerapan ganjil genap dan satu arah pada arus mudik Lebaran 2022, diprediksi akan membuat jalur mudik lintas selatan bertambah padat. 

Pemudik dari wilayah Jabodetabek dengan tujuan Jawa Tengah atau Jawa Timur yang terhambat kebijakan ganjil- genap, diprediksi akan memanfaatkan jalur selatan via Tasikmalaya.

"Betul kebijakan ganjil genap di jalur tol bisa membuat jalur lintas selatan menjadi lebih ramai," ujar Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Tasikmalaya Kota Kompol Shohet, Jumat (22/04/22).

Kebijakan one way atau satu arah ini, terang Shohet bisa mendorong kepadatan di jalur selatan. Maka pihaknya telah mempraktikan strategi one way melalui Tactical Wall Game (TWG) di halaman Mapolres tadi siang.

"Kalau diberlakukan one way itu kan pengendara harus cepat. Tak semua pengendara senang dengan kecepatan, sehingga bisa saja mereka lebih memilih masuk ke jalur selatan," terangnya.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi kemacetan di jalur mudik wilayah Tasikmalaya --mulai Gentong sampai Rajapolah--, pihaknya sudah menyusun rencana. 

"Kalau terjadi kepadatan, kami telah memiliki beberapa skenario penanganan atau cara bertindak. Mulai dari buka tutup jalur, pengalihan arus sampai pemberlakukan one way sepenggal atau parsial," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: