Peran Agen BRILink Dekatkan Akses Perbankan Bagi Masyarakat di Kabupaten Rejang Bengkulu
Agen BRILink dekatkan akses perbankan bagi masyarakat di Kabupaten Rejang Prvinsi Bengkulu.-Foto: BRI-
RADARTASIK.COM – Desa Sentral Baru Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Provinsi Bengkulu kini memiliki akses ke layanan perbankan yang lebih dekat dan lebih mudah berkat keberadaan Agen BRILink milik Riswan Nurhadi.
Awalnya, Riswan membuka warung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Namun, seiring waktu, ia melihat peluang untuk menghadirkan layanan perbankan di desanya yang jauh dari pusat kabupaten.
”Awalnya saya ragu untuk menjadi Agen BRILink karena tidak terbiasa dengan mesin EDC, namun berkat pembelajaran mandiri melalui video tutorial, saya kemudian berhasil menguasai operasional perangkat tersebut,” ujar dia.
Keputusan ini terbukti tepat, karena kini masyarakat Desa Sentral Baru dapat melakukan transaksi perbankan tanpa harus menempuh perjalanan 40 menit ke pusat kabupaten.
BACA JUGA: 4 Warga Tasikmalaya Disambar Petir Saat Berteduh di Gubuk Sawah
Riswan menjelaskan beberapa tantangan yang dihadapinya, terutama dalam hal promosi dan membangun kepercayaan di kalangan warga desa.
”Karena kami warga baru, masyarakat awalnya ragu. Tapi, melalui promosi langsung di warung dan dengan bantuan spanduk resmi BRI, akhirnya warga mulai percaya dan bertransaksi di Agen BRILink kami,” ujarnya.
Warung dan Agen BRILink milik Riswan memiliki keunikan yang saling melengkapi. Ketika masyarakat datang untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, mereka juga bisa melakukan transaksi seperti tarik tunai dan transfer. Dengan layanan ini, masyarakat desa tidak perlu lagi jauh-jauh ke kota untuk keperluan keuangan dan belanja.
Mengenai keuntungan menjadi Agen BRILink, Riswan menyatakan bahwa kerja sama dengan BRI telah memberikan banyak manfaat.
BACA JUGA: Menarik! Harga dan Spesifikasi Nokia X30 Desain Tangguh dengan Kamera Canggih
Selain mendapatkan penghasilan tambahan, Riswan mendapatkan pengetahuan bisnis, partisipasi dalam berbagai program BRI, serta penghargaan dari acara-acara yang diadakan BRI.
”Saya berharap kerja sama dengan BRI ini terus berlanjut dan bahkan diperluas melalui pertemuan rutin untuk mempererat silaturahmi antar-agen dan pihak BRI,” imbuh dia.
Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa perseroan terus berupaya mengakselerasi inklusi keuangan serta menciptakan sharing economy bagi masyarakat. Salah satunya, melalui Agen BRILink.
Supari mengungkapkan bahwa hingga akhir September 2024, BRI tercatat memiliki lebih dari 1,02 juta Agen BRILink di lebih dari 62 ribu desa di seluruh Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: