Dishub Kota Tasikmalaya Lakukan Pendataan hingga Siapkan Skema Baru Optimalisasi Parkir ke Depan

Dishub Kota Tasikmalaya Lakukan Pendataan hingga Siapkan Skema Baru Optimalisasi Parkir ke Depan

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya H Asep M Permana dan tim Dishub saat pendataan dan intensifikasi juru parkir di Kota Tasikmalaya. Foto: istimewa--

Berbagai hal itu akan menjadi bahan evaluasi untuk Dishub Kota Tasikmalaya dalam optimalisasi parkir di Kota Tasikmalaya.

Skema Tata Kelola Parkir 2025

Untuk tahun 2025, menurut Asep MP, akan dilaksanakan pembenahan berkaitan dengan permasalahan data, capaian target retribusi dan tata kelola parkir di Kota Tasikmalaya.

Asep menjelaskan, di tahun 2024 saat ini ada beberapa rencana yang akan dilaksnakan untuk pengoptimalan parkir untuk target 2025. Misalnya tetap mempertahankan tata kelola saat ini atau mengubah tata kelolanya. 

"Misalnya untuk retribusi parkir ini dikelola oleh pihak ke tiga," kata dia memberikan gambarannya.

Opsi-opsi tata kelola parkir di Kota Tasikmalaya tengah dipersiapakan Dishub Kota Tasikmalaya sebagai langkah terobosan untuk tata kelola parkir ke depan.

"Apabila pimpinan akan mengambil (kebijakan) dipihakketigakan, kami akan mempersiapkan legal standingnya, termasuk melakukan kajian, tahun ini," ujar Asep MP menjelaskan.

Sebelumnya, warga mendorong ada terobosan optimalisasi retribusi parkir oleh Dishub Kota Tasikmalaya.

Teni (40), warga Kecamatan Indihiang mendukung upaya Dishub Kota Tasikmalaya dalam upaya meningkatkan setoran retribusi parkir. 

"Kami mendukung selama itu untuk kepentingan masyarakat," kata dia.

Tentunya, kata Teni, harus ada terobosan dari Dishub untuk peningkatkan pendapatan daerah dari parkir. 

"(Bisa) terobosan apa saja yang memang tidak merugikan masyarakat dan jukir," kata dia.

Warga lainnya, Dede Irpan (38) menyebutkan Dishub Kota Tasikmalaya perlu melakukan terobosan untuk optimalisasi retribusi parkir. Misalnya ada alat khusus yang disiapkan di lokasi-lokasi parkir atau lainnya. 

"Tentunya tetap jukir tidak dihilangkan atau bisa mendapatkan setoran," kata dia.

Sebagai warga Kota Tasikmalaya, dia mendukung penuh optimalisasi dan terobosan yang akan bisa menghasilkan pendapatan bagi Pemkot Tasikmalaya.

Termasuk agar perparkiran di Kota Tasikmalaya tertata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: