Pelatihan Literasi Digital Dosen UPI Kampus Tasikmalaya di Sekolah Indonesia Mekah

Pelatihan Literasi Digital Dosen UPI Kampus Tasikmalaya di Sekolah Indonesia Mekah

Tim Dosen UPI Kampus Tasikmalaya yang mengadakan pelatihan di Sekolah Indonesia Mekah, Arab Saudi, pada Minggu 8 September 2024. istimewa--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Tim dosen dari UPI Kampus Tasikmalaya yang terdiri dari Dr. Seni Apriliya, MPd sebagai ketua, Dr. Dian Indihadi, MPd, dan Agnestasia Ramadhani Putri, MPd, mengadakan pelatihan di Sekolah Indonesia Mekah, Arab Saudi, pada Minggu 8 September 2024. 

Pelatihan ini bertajuk "Program Literasi Berbasis Media Digital bagi Guru" dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan Google Sites sebagai platform literasi.

Program ini dirancang untuk membantu para guru di Sekolah Indonesia Mekah menggunakan Google Sites dalam kegiatan literasi. 

Platform ini berisi berbagai buku bacaan pilihan untuk anak usia SD serta format tanggapan yang mendukung pembiasaan, pembelajaran, dan pengembangan literasi.

BACA JUGA:Cat Owner Perlu Simak! Begini Takaran Makan Kucing yang Tepat

Menurut Dr. Seni Apriliya, pelatihan ini diharapkan dapat memfasilitasi pengembangan budaya literasi dengan memanfaatkan teknologi digital. 

"Google Sites yang kami kembangkan bertujuan meningkatkan keterampilan berbahasa, memperkaya kosa kata bahasa Indonesia peserta didik, serta memperkenalkan budaya Indonesia dan nilai-nilai Islami melalui pesan moral dalam cerita," ujarnya.

Seni juga menambahkan bahwa menu “Respons” di Google Sites dapat menjadi alat untuk mengasah keterampilan berpikir kritis peserta didik dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengaitkan teks cerita dengan kehidupan sehari-hari.

Pelatihan ini disambut positif oleh para guru Sekolah Indonesia Mekah. 

BACA JUGA:Warga Kebon Kalapa Terbebas dari Kekeringan, Polres Tasikmalaya Distribusikan Ribuan Liter Air Bersih

Novi Delviana, SPd, salah seorang peserta, mengungkapkan, "Program literasi berbasis Google Sites bagaikan pelita di tengah kegelapan. Ini sangat bermanfaat, terutama dalam mendukung aktivitas Jurnal Baca di kelas."

Novi berharap agar Google Sites dapat dikembangkan lebih lanjut, agar bisa diakses secara offline dan dilengkapi dengan buku-buku yang direkomendasikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kepala Sekolah Indonesia Mekah, Mustafa, MPd, juga memberikan dukungan penuh untuk program literasi ini. 

Ia berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran guna membayar akses buku digital, jika diperlukan, agar dapat diakses oleh peserta didik di Sekolah Indonesia Mekah dan SILN lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: