Kriteria Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya: Harus Merakyat dan Dekat dengan Rakyat

Kriteria Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya: Harus Merakyat dan Dekat dengan Rakyat

Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya. ujang nandar / radartasik.com--

BACA JUGA:Catat dan Saksikan ! Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Berhadapan Dengan Australia

Ia menyebut bahwa salah satu ciri pemimpin yang merakyat adalah kemampuannya untuk selalu dekat dan mudah dijangkau oleh masyarakat. 

"Ketua dewan itu harus mudah ditemui oleh rakyat. Jangan sampai, seperti yang terjadi sebelumnya, ketika seseorang sudah menjabat sebagai ketua dewan, dia malah sulit ditemui dan terkesan menjadi bagian dari kelompok elit. Padahal, mereka dipilih oleh rakyat dan harus tetap berada di tengah-tengah rakyat," katanya dengan tegas.

Lebih dari itu, Maulana juga menyoroti pentingnya track record dari calon ketua DPRD yang akan dipilih. 

Ia menegaskan bahwa sosok yang memiliki rekam jejak yang baik selama menjalankan tugas-tugasnya sebagai anggota dewan akan lebih dipercaya untuk menduduki posisi ketua. 

BACA JUGA:40 ASN Dimutasi, Penjabat Sekda Kota Tasikmalaya Harapkan Tidak Ada Lagi Plt

"Track record itu sangat penting. Ketua DPRD yang definitif nanti harus seseorang yang memiliki rekam jejak yang bersih dan mampu mengakomodir berbagai aspirasi rakyat hingga terealisasi. Siapapun orangnya, selama ia memenuhi kriteria tersebut, maka dia layak menjadi ketua dewan definitif," jelasnya.

Maulana juga membuka kemungkinan adanya komunikasi lebih lanjut jika calon dari Partai Gerindra tidak memenuhi kriteria yang disebutkan. 

Menurutnya, hal tersebut bisa dibicarakan dengan partai sebelum penunjukan ketua definitif dilakukan. 

"Jika ada sosok yang tidak memenuhi kriteria, meskipun ia mendapat jatah sebagai ketua, maka hal itu perlu dirundingkan. Pemilihan ketua harus mengedepankan regulasi yang berlaku serta kebutuhan Kabupaten Tasikmalaya. Jangan sampai pemilihan sosok ketua justru merusak citra DPRD dan partai itu sendiri," ungkap Maulana mengakhiri pembicaraannya.

BACA JUGA:Tempat Healing di Lembang Mulberry Hill Resort, Glamping Menarik Untuk Berlibur

Dengan berbagai kriteria yang disebutkan, pemilihan Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya diharapkan tidak hanya berdasarkan pembagian kursi politik, tetapi juga mempertimbangkan kepentingan masyarakat yang lebih luas. 

Sosok yang terpilih harus mampu mengayomi, merakyat, dan memiliki rekam jejak yang baik, agar dapat membawa perubahan positif bagi Kabupaten Tasikmalaya dan masyarakatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: