Achmad Bakrie XX 2024: Penghargaan Bergengsi untuk Lima Tokoh Visioner

Achmad Bakrie XX 2024: Penghargaan Bergengsi untuk Lima Tokoh Visioner

Lima tokoh yang mendapat penghargaan Achmad Bakrie XX 2024. istimewa--

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024 kembali digelar, dengan lima penerima Penghargaan dari berbagai bidang yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi Indonesia. 

Tahun ini, penghargaan diberikan kepada Jusuf Wanandi (Pemikiran Sosial), D. Zawawi Imron (Seni dan Budaya: Sastra), Afriyanti Sumboja (Sains dan Teknologi), dr. Harapan (Kesehatan), dan Dr. Ir. Grandprix Thomryes Marth Kadja (Penghargaan Khusus: Ilmuwan Muda).

Penghargaan Achmad Bakrie adalah inisiatif Keluarga Bakrie, yang didukung oleh Kelompok Usaha Bakrie melalui program "Bakrie Untuk Negeri," serta bekerja sama dengan Universitas Bakrie, Freedom Institute, dan VIVA Group. 

Penghargaan ini rutin diberikan setiap bulan Agustus, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Diduga Korupsi, Kades Cikukulu Kabupaten Tasikmalaya Kembalikan Uang Rp 135 Juta ke Kas Desa

Hingga tahun ini, penghargaan telah diberikan kepada 91 penerima, termasuk individu dan lembaga yang karyanya berdampak luas bagi masyarakat.

Ketua Penyelenggara Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024, Aninditha Anestya Bakrie (Ditha), menyatakan bahwa para penerima dipilih oleh dewan juri yang berkompeten dari berbagai latar belakang. 

Dewan Juri tahun ini dipimpin oleh Rektor Universitas Bakrie, Prof. Sofia W. Alisjahbana, dengan anggota lainnya seperti Prof. Panut Mulyono (Rektor UGM 2017-2022), Dr. Laksana Tri Handoko (Kepala BRIN), Dr. Ninik Rahayu (Ketua Dewan Pers), Yose Rizal Damuri, Ph.D. (Direktur Eksekutif CSIS), dan lainnya.

Bidang penghargaan tahun ini direstrukturisasi menjadi lima kategori tetap: Pemikiran Sosial, Seni dan Budaya, Sains dan Teknologi, Kesehatan, dan Penghargaan Khusus.

BACA JUGA:Plt Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Kritik Minimnya Antusiasme SKPD Sambut Hari Kemerdekaan

Para Penerima Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024:

1. Pemikiran Sosial: Jusuf Wanandi S.H., seorang intelektual yang telah berperan besar dalam membentuk tradisi pemikiran sosial di Indonesia.

2. Seni dan Budaya: Sastra: D. Zawawi Imron, sastrawan asal Madura yang dikenal dengan puisi-puisinya yang memotret keindahan alam dan kehidupan pedesaan.

3. Sains dan Teknologi: Afriyanti Sumboja B.Eng., Ph.D., peneliti dalam pengembangan baterai generasi mendatang dengan performa energi yang lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: