Parkir Masjid Raya Al Jabbar Gratis! Satgas Saber Pungli Pantau Proses Lelang

Parkir Masjid Raya Al Jabbar Gratis! Satgas Saber Pungli Pantau Proses Lelang

Parkir Masjid Raya Al Jabbar gratis sampai batas waktu yang belum ditentukan.-Jabarprovgoid-

BACA JUGA:Pelajar SMP Bungursari di Pusaran Blank Spot Zonasi PPDB, Pemkot Tasikmalaya Angkat Bahu, Pemprov Jabar ...

Perencanaan masjid dilakukan dengan cermat oleh Ridwan Kamil. Lantai salatnya luas dan tinggi, dihiasi dengan 27 relung berukir tembaga yang dikerjakan dengan teliti oleh para perajin.

Motif batik pada relief ini mewakili setiap kota dan kabupaten di Jawa Barat, mengekspresikan kekayaan seni daerah tersebut.

Lantai di bawah mezanin diterangi lampu kuningan dari Gentur, Cianjur, yang memberikan kesan mewah dengan cahaya keemasannya.

Dinding sisi barat masjid menampilkan mihrab yang menjulang hingga mahkota di langit-langit, melambangkan tempat kita memohon hanya kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Basmi Wereng Pakai Strategi 6T, Sebanyak 2 Hektare Sawah di Kota Tasikmalaya 'Diracun'

Di lantai dasar terdapat museum yang mengisahkan sejarah Rasulullah SAW, perkembangan Islam di Indonesia dan khususnya di Jawa Barat.

Ini menjadikan Masjid Raya Al Jabbar sebagai satu-satunya masjid di Indonesia yang memiliki pusat edukasi berupa museum dengan teknologi digital modern.

Selain masjid dan danau, di lahan seluas 26 hektar ini juga terdapat taman-taman tematik tentang kenabian yang menarik untuk dikunjungi oleh berbagai kalangan.

Di sisi timur masjid, terdapat patung kaligrafi "Al Jabbar" berwarna emas karya seniman terkenal. 

BACA JUGA:Letupan Api di Dekat SPPBE PT Warung Jeruk Sumber Gas Kabupaten Ciamis, Dua Warga Luka Bakar

Patung ini berdiri di atas plaza bundar dengan permukaan berlapis teraso bermotif Wadasan berwarna biru dan kuning cerah, memberikan kesan elegan.

Sisi timur masjid juga memiliki beberapa elemen khas masjid Turki, seperti pelataran besar yang dikelilingi koridor dengan naungan kaca patri warna-warni, serta paviliun wudu dengan keran air dan tempat duduk berhias mozaik cantik karya perajin Jawa Barat.

Dengan berbagai keistimewaan tersebut, Masjid Raya Al Jabbar menjadi destinasi menarik yang menggabungkan keindahan arsitektur, fungsi religius dan edukasi dalam satu tempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: