Waduh, Puluhan Ular Hantui Rumah Warga di Kota Banjar, Ini yang Dilakukan Petugas Damkar

Waduh, Puluhan Ular Hantui Rumah Warga di Kota Banjar, Ini yang Dilakukan Petugas Damkar

Petugas Damkar Kota Banjar saat menunjukkan ular sanca kembang yang berhasil diamankan Minggu 5 Mei 2024 malam. Foto: Istimewa --

BANJAR, RADARTASIK.COM - Tak henti-hentinya masyarakat dihantui ular masuk ke dalam rumah, terbaru warga Dusun Pananjung Barat Desa Sinartanjung Kecamatan Pataruman, Kota Banjar Minggu 5 Mei 2024 malam.

Ular jenis sanca kembang atau piton dengan panjang kurang lebih 3 meter dan kobra jawa berhasil diamankan petugas Damkar Kota Banjar setelah menerima laporan. 

"Iya terbaru evakuasi ular sanca kembang dan kobra jawa. Sanca di Desa Sinartanjung dan kobra jawa di Desa Balokang," ucap Kepala UPTD Damkar Kota Banjar Aam Amijaya, Senin 6 Mei 2024. 

Berdasarkan data yang dihimpun Damkar Kota Banjar dari awal Januari hingga kini sudah mencapai 56 ular yang dievakuasi dari berbagai jenis seperti sanca kembang (piton), kobra jawa, king kobra, koros, cincin mas dan ular hijau. 

BACA JUGA: Musik Sebagai Terapi Jiwa: Inilah Filosofi Musik Menurut Al-Farabi, Seorang Filsuf Muslim Abad Ke-10

BACA JUGA: Info Lowongan Pekerjaan: Honda Membutuhkan 2 Posisi untuk Lulusan D3, Ayo Buruan Daftar

Dengan rincian Januari sebanyak 11 ekor, Februari 14 ekor, Maret 9 ekor, April 19 ekor dan Mei sampai tanggal 5 ada 3 ekor ular dari berbagai jenis dan ukuran. 

"Kebanyakan ular yang berhasil dievakuasi (ditangkap) jenis sanca kembang alias piton dengan berbagai ukuran," jelasnya. 

Diakuinya, panjang ular yang telah dievakuasi oleh petugas Damkar Kota Banjar sepanjang 3.5 meter jenis king kobra. 

Banyaknya ular masuk ke dalam rumah karena faktor cuaca yang saat ini tidak menentu dan adanya sumber makanan di rumah warga. 

BACA JUGA: Jadwal Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji Telah Dirilis Kemenag, Ini Rinciannya

BACA JUGA: Lebih Dari 100 Tahun, Cerita Siti Nurbaya Melegenda, Novel Klasik Yang Membuat Namanya Ikonis

"Kemungkinan faktor cuaca hujan dan adanya sumber makanan (kandang ayam) di rumah warga, sehingga memancing ular datang," ujarnya. 

Pihaknya menghimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada jika kedatangan ular dan kalau perlu langsung menghubungi petugas Damkar Kota Banjar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: