Cerita Wayang: Perjalanan Bima Mencari Tirta Perwita, Membawa Dirinya Bertemu dengan Dewa Ruci

Cerita Wayang: Perjalanan Bima Mencari Tirta Perwita, Membawa Dirinya Bertemu dengan Dewa Ruci

Kisah pertemuan Bima dengan Dewa Ruci. Foto: Tangkapan layar youtube--

RADARTASIK.COM— Kisah Bima bertemu dengan Dewa Ruci bermula saat dirinya diberi perintah oleh Pandita Dorna untuk mencari Tirta Perwita.

Karena kepatuhannya pada Pandita Dorna, yang tak lain adalah gurunya sendiri, Bima melaksanakan titah tersebut tanpa mempertanyakan maksudnya.

Dalam cerita wayang, dikisahkan sifat dan karakter Bima seperti berani, teguh, kuat, tabah, patuh, jujur dan memiliki kekuatan fisik yang luar biasa. 

Bima dikenal juga dengan nama Bratasena atau Werkudura, yang merupakan anak kedua Prabu Pandu dan Dewi Kunti, ia adalah salah satu dari satria pandawa. 

BACA JUGA: 10 Ribu Batang Rokok Ilegal Gagal Beredar di Kota Tasikmalaya, Satpol PP dan Bea Cukai Gencarkan Razia

BACA JUGA: Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami, Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya Diedukasi Kebencanaan

Perjalanan Bima mencari tirta perwita, membuatnya harus menjelajahi hutan-hutan bernama Tibrasara dan Reksamuka. 

Hutan-hutan tersebut sangat berbahaya dan sulit dilalui, namun Bima tetap gigih untuk menemukan tirta perwita sesuai perintah gurunya. 

Sayangnya, di kedua hutan tersebut, ia tidak berhasil menemukan air, tetapi justru bertemu dengan dua raksasa yang menyeramkan dan memiliki kekuatan besar, bernama Rukmuka dan Rukmala. 

Ternyata, perintah gurunya untuk mencari Tirta Perwita itu hanyalah sebuah tipuan, agar Bima tidak ikut dalam perang Baratayuda.

BACA JUGA: Seri Tokoh Filsafat: Ludwig Wittgenstein dan Pemikirannya Tentang Filsafat Bahasa serta Pengaruhnya di Abad Ke

BACA JUGA: Keluarga PO Bus Budiman Mengusung Muhamad Rezqi Budiman Jadi Cawalkot Tasikmalaya, Dimentori Dede Sudrajat

Dorna beranggapan bahwa Bima akan mati atau dikalahkan oleh kedua raksasa yang kuat tersebut. Namun, anggapan dorna meleset. 

Bima justru menantang raksasa tersebut untuk berduel dan akhirnya berhasil mengalahkan dan membunuh kedua raksasa yang sakti tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: