Transportasi Mudik di Kota Tasikmalaya Diperiksa, Pemkot Antisipasi Lonjakan dan Gangguan Arus Kendaraan

Transportasi Mudik di Kota Tasikmalaya Diperiksa, Pemkot Antisipasi Lonjakan dan Gangguan Arus Kendaraan

Pengecekan kendaraan umum jelang Lebaran di Terminal Tipe A Indihiang Kota Tasikmalaya, kemarin Selasa 2 April 2024. firgiawan / radar tasikmalaya--

Transportasi Mudik di Kota Tasikmalaya Diperiksa, Pemkot Antisipasi Lonjakan dan Gangguan Arus Kendaraan

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Kendaraan umum di Kota Tasikmalaya mulai menjalani pengecekan kelayakan untuk memastikan ketersediaan transportasi massal di Terminal Tipe A dan dua pool bus.

Kadishub Kota Tasikmalaya Asep Maman Permana menyatakan, pengecekan kelaikan kendaraan iniadalah agenda rutin dalam persiapan musim mudik, khususnya menjelang Lebaran. Lonjakan penumpang diperkirakan terjadi dari H-3 hingga H+7 nanti.

"Kami bersama Polri melakukan pengecekan kendaraan umum secara rutin untuk memastikan kelayakan di kantor kami dan langsung ke lokasi," ujar Asep saat pemeriksaan di Terminal Tipe A, kemarin Selasa 2 April 2024.

BACA JUGA:Anggota BPBD Beserta Alat Lengkap Disiagakan di Jalur Mudik Alternatif Garut-Tasikmalaya

Hasil pengecekan langsung ke kedua pool bis dan Terminal Tipe A menunjukkan bahwa kendaraan yang akan melayani pemudik sudah layak jalan. 

Fasilitas yang diperlukan seperti pengereman dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) telah tersedia dan berfungsi dengan baik.

"Semuanya sudah siap untuk melayani pemudik dan pemudik balik nanti," terangnya.

Asep juga mengakui pentingnya pengecekan terhadap personel seperti driver atau kondektur. 

BACA JUGA:Riza Aditya Nur Fauzi, Pelajar SMAN 1 Calon Ketua DPR RI Masa Depan Jawara Duta GenRe dari Tasikmalaya

Idealnya, pengecekan tidak hanya terbatas pada kendaraan saja, tetapi juga melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Kami mengimbau terutama soal kesehatan dalam membawa kendaraan, namun hanya dalam bentuk imbauan," imbaunya.

Untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas lokal selama musim Lebaran, pihaknya telah menyiapkan tugas para personel di lapangan dan di kantor.

Meskipun demikian, Kota Tasikmalaya tetap mempersiapkan antisipasi terhadap gangguan arus lalu lintas, meski tidak sepadat kota atau kabupaten lain yang memiliki destinasi wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: