Mobil Off-Road Legendaris Sejak Tahun 70-an, Simak Perjalanan 4 Generasi Suzuki Jimny di Indonesia

Mobil Off-Road Legendaris Sejak Tahun 70-an, Simak Perjalanan 4 Generasi Suzuki Jimny di Indonesia

Simak perjalanan 4 generasi Suzuki Jimny di Indonesia, mobil off-road legendaris sejak tahun 70-an.-Suzuki-

Suzuki Jimny Generasi Pertama (1970-an - 1982)

Era 1970-an menjadi saksi sejarah, dimana Suzuki Indonesia merakit dan memasarkan Jimny pertama. Namanya Suzuki Jimny LJ80 yang kompak dan berkapasitas mesin 800 cc. Perakitan Suzuki Jimny generasi pertama dilakukan di pabrik Suzuki Indonesia yang kala itu berada di Cakung, Jakarta Timur.

BACA JUGA: 5 Lingkaran Setan Akibat Tingkat Pendidikan Warga Kota Tasikmalaya Rendah, Kata Guru Besar Unsil Utamakan Ini

Sebagai pemain tunggal dari SUV berukuran kompak dengan sistem penggerak 4x4, Suzuki Jimny LJ80 dikenal lincah, tangguh dan efisien bahan bakar saat menerjang segala medan di Indonesia.

Kesuksesan Suzuki Jimny LJ80 membuahkan turunan selanjutnya seperti Suzuki Jimny LJ-80V dan Suzuki Jimny LJ-80Q yang semakin disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Suzuki Jimny Generasi Kedua (1982 - 2007)

Tada tahun 1982, Suzuki menghadirkan Jimny generasi kedua dengan design kotak. Desain yang sangat berbeda dari pendahulunya dan dibekali modal kapasitas mesin yang lebih besar 1.000 cc untuk memfasilitasi kebutuhan off-road penggunanya yang saat itu sudah semakin meningkat.

BACA JUGA: Kamera 144MP Nokia E10 Pro 2024 Hasil Jepretan yang Mantap, Harga dan Spesifikasi Lengkapnya Cek di Sini

Cerita perjalanan Suzuki Jimny generasi kedua di Indonesia cukup panjang dan unik. Pada era tahun 80-an, mobil ini dibekali dengan sistem penggerak 4x4 dan dipasarkan dalam berbagai varian, antara lain Jimny Super dan Jimny Sierra yang sempat populer dan masih menjadi koleksi para penghobi.

Kepopulerannya membuat Suzuki menciptakan model baru bernama Katana pada era 90-an yang dibekali dengan sistem penggerak 4x2 untuk memenuhi permintaan pasar kala itu.

Katana juga dikembangkan lebih lanjut dengan berbagai varian dan tampilan, termasuk varian long wheelbase. Model Jimny dan model Katana banyak disukai beragam kalangan dari pekerja hingga anak muda.

Memasuki era 2000-an, tepatnya tahun 2004, Suzuki mendatangkan Jimny SJ413 alias Carribian dengan kapasitas mesin 1.300 cc. Keunikan Jimny Carribian memiliki extra cab atau kabin ekstra di belakang jok pengemudi.

BACA JUGA: Adakah Sepeda Lipat yang Tak Perlu Digowes? Ini Spesifikasi Noris Electric 16 Inci dan Noris Electric 20 Inci

Suzuki Jimny Generasi Ketiga (2017)

Setelah cukup lama dari kehadiran Jimny generasi pertama hingga kedua, Suzuki kembali menghadirkan Jimny generasi ketiga di pasar Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2017 dengan jumlah 88 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: