Begini Caranya Agar Pohon Durian Cepat Berbuah, untuk Lokal Tasikmalaya Juga Bisa

Begini Caranya Agar Pohon Durian Cepat Berbuah, untuk Lokal Tasikmalaya Juga Bisa

Bunga pohon durian cukup lebat setelah diberikan zat perangsang buah. istimewa--

Begini Caranya Agar Pohon Durian Cepat Berbuah, untuk Lokal Tasikmalaya Juga Bisa

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Berbagai cara dilakukan petani agar pohon durian cepat berbuah. Mulai dari cara mencangkok, sambung pucuk, sambung enters dan teknik sambung lainnya. Ini juga bisa diterapkan untuk durian lokal Tasikmalaya.

Cara tersebut tidak hanya bisa untuk durian jenis baru seperti, motong, bawor, musang king, kuning mas, duri hitam dan lainnya. Tehnik seperti ini juga bisa digunakan untuk durian lokal Tasikmalaya agar cepat berbuah.

Selama ini, tehnik-tehnik tersebut baru diterapkan agar cepat berbuah itu pada buah durian jenis baru saja. Untuk durian lokal Tasikmalaya masih sedikit yang melakukannya hanya petani yang memiliki pengetahuan itu saja. 

BACA JUGA:Spek Gahar dan Kamera 144MP dari Nokia E10 Pro 2024 di Hargai Cuma Segini!

"Teknik mencangkok dan perkawinan silang seperti sambung pucuk, enters ini bisa diterapkan kepada durian lokal Tasikmalaya, tentu akan cepat berbuah," ujar Kabid Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan DPKPP Kabupaten Tasikmalaya, Ida Hindasah.

Teknik tersebut, saat ini sudah banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Untuk durian lokal biasanya hanya untuk tangkainya saja sedangkan bagian atasnya menggunakan durian jenis baru seperti, montong dan lainnya.

"Padahal bisa ya untuk durian lokal Tasikmalaya. Saat ini itu sudah ada tetapi lebih banyak jenis baru," terang Ida.

Selain teknik itu, juga agar buah durian cepat berbuah, juga dengan perawatan yang optimal. Mulai dari pemupukan hingga penyiangan atau pembersihan rumput sekitar pohon durian yang ditanam. 

BACA JUGA:Logistik Pemilu 2024 di Kota Tasikmalaya Mulai Didistribusikan, ini Pesan Khusus Sekda Ivan

"Agar lebih capt bisa ditambahkan dengan zat perangsang buah ZPT (Zat Pengatur Tumbuh). Apalagi saat ini sangat banyak ZPT itu, baik untuk buah, pohon, tanah dan lainnya," tambah dia.

Cara-cara tersebut bisa dilakukan oleh para petani. Untuk mencangkok mungkin saat ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Meskipun untuk teknik seperti grafting atau sambung pucuk dan enters belum diketahui banyak petani. 

"Dengan teknik ini juga akan memangkas umur berbuah pohon durian, seperti durian lokal karena selama ini banyak ditanam dari biji maka umur berbuahnya akan cukup lama dengan kisaran 9-12 tahun baru berbuah. Kalau teknik ini bisa 3-4 tahun sudah berbuah," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: