Harga Sembako di Kabupaten Ciamis Semakin Meresahkan karena Mulai Merangkak Naik

Harga Sembako di Kabupaten Ciamis Semakin Meresahkan karena Mulai Merangkak Naik

Pedagang Sembako di Pasar Sindangkasih Kabupaten Ciamis saat melayani pembeli, Selasa 6 Februari 2024. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya--

Harga Sembako di Kabupaten Ciamis Semakin Meresahkan karena Mulai Merangkak Naik

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Harga jual berbagai jenis sembako di Kabupaten Ciamis mulai bikin meresahkan. Karena pergerakan harga mulai merangkak naik. 

Seperti halnya beras semula harganya Rp 13.000 per kilogram kini menjadi Rp 15.000-16.500 per kilogram. Lalu, harga sayuran seperti tomat, tadinya Rp 8.000 per kilogram kini menjadi Rp 20.000 per kilogram.

Pedagang Sembako Pasar Sindangkasih Engkos mengakui, harga beras saat ini sedang ada kenaikan Rp 2.000 per kilogram dan terjadi sejak satu bulan lalu. Padahal saat ia belanja awalnya Rp 13.000 per kilogram, dan kini dijual Rp 15.000 per kilogram.

BACA JUGA:Yuk Siap-siap, Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Segera Dibuka, Terbuka Bagi Calon Mahasiswa Baru

"Harga beras saat ini naik, tapi jualnya yang bingung kepada pelanggan atau konsumen. Sebab jual beras kualitas super bisa Rp 16.500 per kilogram," katanya kepada Radar Tasikmalaya, Selasa 6 Februari 2024.

Ia pun memperkirakan kenaikan beras ini, karena harga padinya mahal. Biasanya Rp 600.000 per kuintal, kini menyentuh Rp 1 juta per kuintal. 

"Efeknya pelanggan pun mengeluh kebutuhan pokok mahal, karena beras terus naik," terangnya.

Hal senada dituturkan Pedagang Sayur Pasar Sindangkasih Hj Een. Dia menyampaikan harga sayuran ada yang stabil, turun, dan naik. Untuk yang naikbseperti cabai merah lokal tadinya Rp 80.000 per kilogram kini dijual Rp 85.000 per kilogram.

BACA JUGA:Ini Lokasi Penjual Durian Tasikmalaya Segar dan Baru Dipetik dari Pohonnya, Ada di 3 Kecamatan Ini

"Lalu yang kenaikan tinggi ada tomat yang biasanya dijual Rp 8.000 per kilogram kini mencapai Rp 20.000 per kilogram. Hal ini karena kondisi sedang hujan, sehingga banyak yang gagal panen," tuturnya.

Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Ciamis Asep Sulaeman angkat bicara.

Kata dia, berdasarkan laporan harian harga di Pasar Manis, Sindangkasih, Kawali dan Banjarsarin pada Selasa 6 Februari 2024 lalu, dalam perkembangannya ada yang naik dan ada yang turun.

Namun kebanyakan harga komoditi yang naik seperti hari ini harga cabai merah Rp 85.000 per kilogram. Harga itu lebih mahal dari pada sehari sebelumnya yang mencapai Rp 80.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: