760 Pohon Baru Ditanam di Tasikmalaya, Target Jadi Sentra dan Tempat Wisata Durian

760 Pohon Baru Ditanam di Tasikmalaya, Target Jadi Sentra dan Tempat Wisata Durian

Pohon durian lokal Tasikmalaya hasil silangan sudah berbuah meskipun masih kecil. istimewa--

760 Pohon Baru Ditanam di Tasikmalaya, Target Jadi Sentra dan Tempat Wisata Durian

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Meningkatnya pengetahuan petani terhadap cara menanam pohon durian di Tasikmalaya, membuat mereka terus menanam pohon durian berbagai jenis. 

Bahkan di tahun 2024 ini tercatat Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DP2KP) ada 760 pohon baru di Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan DP2KP Kabupaten Tasikmalaya, Ida Hindasah membenarkan hal tersebut.

BACA JUGA:Ternyata, Salopa Terbanyak Produksi Durian Lokal Tasikmalaya Disusul Cikatomas dan Jatiwaras

Kata dia, berdasarkan laporan yang diterima pihaknya setidaknya ada 760 pohon durian berbagai jenis di tahun 2024 ini ditanam para petani. 

"Yang baru ini berbagai jenis durian, seperti musang king, montong dan lainnya. Kebanyakan ditanam berbentuk perkebunan, " katanya kepada radartasik.com, Selasa 6 Februari 2024.

Ida menerangkan, tanaman baru ini memang masih sedikit di Kabupaten Tasikmalaya, khususnya durian yang memang jenis-jenis baru. 

"Untuk pohon durian lokal Tasikmalaya memang sangat banyak, baik yang masih produktif ataupun indukan memang berumur puluhan tahun," terangnya. 

BACA JUGA:Harga Emas Antam dan UBS Tanggal 6 Februari 2024 di Pegadaian

Tambah dia, saat ini karena dengan berbagai pengetahuan dan teknologi, maka usia berbuah durian itu lebih singkat. Yaitu 3-4 tahun sudah berbuah. Berarti kalau dulu harus menunggu 8 -9 tahun baru berbuah. 

"Namun dari segi ketahanan terhadap penyakit juga lebih tahan untuk pohon durian lokal," tambahnya.

Dengan ketahanan terhadap penyakit itu, maka pohon lokal tersebut sering dijadikan indukan untuk persilangan pohon-pohon durian jenis-jenis terbaru. 

"Dengan begitu durian jenis-jenis baru itu akan tahan terhadap penyakit," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: