Rasa Durian Lokal Tasikmalaya Berbeda-Beda, Ada yang Manis, Legit hingga Renyah

Rasa Durian Lokal Tasikmalaya Berbeda-Beda, Ada yang Manis, Legit hingga Renyah

Berbagai jenis durin lokal Tasikmalaya. ujang nandar / radar tasikmalaya--

Rasa Durian Lokal Tasikmalaya Berbeda-Beda, Ada yang Manis, Legit hingga Renyah

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Dari tiga sentra buah durian lokal Tasikmalaya, ternyata memiliki rasa yang berbeda-beda. Mulai dari rasanya manis legit hingga renyah. 

Tentunya, rasa tersebut tentunya berbeda beda di setiap daerah, baik daerah, Jatiwaras Cikatomas dan Salopa. 

"Rasanya memang berbeda-beda untuk durian lokal ini," ujar Kabid Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya, Ida Hindasah kepada radartasik.com.

BACA JUGA:Jelang Pengamanan Pemilu 2024, Kapolres Banjar Cek Kesiapan Personel dan Beri Tas Ransel

Terang dia, dari bentuk daging pun juga berbeda. Ada yang tebal dengan biji kecil, termasuk ada yang biji besar tetapi daging tebal.

"Tergantung jenis durian lokalnya. Biasanya dengan rasa manis legit itu untuk pohon durian lokal Tasikmalaya yang memang sudah berumur lama," terangnya.

Ida menambahkan, keunikan durian lokal Tasikmalaya ini, meski sama jenisnya rasanya akan berbeda bila tempat ditanamnya beda wilayah yang berbeda. 

"Misalnya rasanya akan berbeda antara durian lokal Tasikmalaya yang di tanam di Jatiwaras berbeda dengan yang ditanam di Cibalong," tambahnya.

BACA JUGA:Bandingkan Redmi Note 12 Pro, Redmi Note 12 Pro 5G dan POCO X5 Pro 5G, Ayo Pilih Mana?

Ida menandaskan, jika pohon durian lokal tersebut akan tahan terhadap penyakit, hal itu menandakan banyaknya pohon durian lokal dengan ukuran besar dan berumur puluhan tahun. 

"Semakin besar pohon semakin banyak buah dan biasanya semakin enak rasanya," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, durian adalah buah tropis yang terkenal dengan aroma kuat dan dagingnya yang kaya. Buah ini memiliki bau yang unik sehingga banyak yang menyukainya.

Nah di Kabupaten Tasikmalaya terdapat durian lokal yang khas. Kekhasannya ini adalah karena tumbuh di tiga wilayah. Yaitu kecamatan Salopa, Cikatomas dan Jatiwaras. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: