Wilayah Sekitar Exit Tol Getaci Kota Tasikmalaya Diprediksi Akan Meningkat Pertumbuhan Ekonominya, Asalkan?

Wilayah Sekitar Exit Tol Getaci Kota Tasikmalaya Diprediksi Akan Meningkat Pertumbuhan Ekonominya, Asalkan?

Ilustrasi tol. Istimewa--

Wilayah Sekitar Exit Tol Getaci Kota Tasikmalaya Diprediksi Akan Meningkat Pertumbuhan Ekonominya, Asalkan?

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) diprediksi bakal meningkat pertumbuhan ekonomi dan investasi untuk Kota Tasikmalaya.

Peningkatan ekonomi ini khususnya akan terjadi di wilayah yang akan menjadi lokasi exit Tol Getaci, yaitu Kecamatan Kawalu.

Namun, peningkatan ekonomi di wilayah tersebut bakal terjadi kalau pemerintah menyiapkan sarana dan prasarana di sekitar exit Tol Getaci.

BACA JUGA:Hadiri WEF 2024 Dirut BRI Bicara Artificial Intelligence, Tingkatkan Produktivitas Hingga Penguatan Regulasi

Hal itu dibenarkan Tokoh Masyarakat Kawalu, Murjani. Kata dia, jika exit Tol Getaci resmi dibuka maka di sekitar lokasinya harus disiapkan lokasi khusus seperti rest area.

"Nah di rest area itu dijual semua produk unggulan dari Kawalu misalnya bordir. Maka nanti kendaraan saat keluar Tol Getaci di Kota Tasikmalaya tak langsung bablas pergi saja," katanya, Selasa 23 Januari 2024

"Jadi nanti silakan belanja bordir khas Kawalu di lokasi itu. Maka nanti yang nyari bordir tak hanya ke Pasar Tanah Abang saja. Tapi bisa mampir ke rest area tersebut," sambungnya.

Terang dia, tentunya keberadaan Tol Getaci ini akan berdampak juga pada peningkatan ekonomi warga Kawalu khususnya pemilik tanah atau lahan yang terlintasi jalur tol.

BACA JUGA:Lawan Jepang di Piala Asia 2023 Qatar, Ini Janji Striker Muda Timnas Indonesia Jika Diturunkan

"Karena nanti akan dibayar ganti untung lahannya. Nah misalnya yang terkena lahannya adalah rumah, maka saran saya dibelikan lagi rumah. Jangan sampai nanti tak punya rumah," terangnya.

Walaupun demikian, tambah dia, peningkatan ekonomi bagi warga yang tinggal di lokasi dekat jalur Tol Getaci ini akan terjadi jika pemerintah juga melakukan skema pemerataan wilayah keramaian.

"Jadi nanti daerah pinggiran menjadi daerah keramaian baru. Skemannya memang ada di pemerintah. Maka harus jauh hari sebelum Tol Getaci dibuka, pemerintah sudah menyiapkan skema tersebut," tambahnya.

Apalagi kalau Bandara Wiriadinata dibuka kembali rute ke Jakarta begitu exit Tol Getaci resmi buka. Tentunya jalur ekonomi dipastikan akan meningkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: