Dinkes Kota Banjar Keliling ke Sekolah-Sekolah Ingatkan Penyakit Menular Seksual

Dinkes Kota Banjar Keliling ke Sekolah-Sekolah Ingatkan Penyakit Menular Seksual

Kabid P2P Dinkes Kota Banjar, dr Ika Rika saat memberikan edukasi ke pelajar kelas 9 SMPN 4 Banjar, Kamis 18 Januari 2024. anto sugiarto / radartasik.disway.id--

Dinkes Kota Banjar Keliling ke Sekolah-Sekolah Ingatkan Penyakit Menular Seksual

BANJAR, RADARTASIK.COM - Antisipasi penyakit HIV AIDS sejak dini dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar, dengan melakukan road show keliling ke sekolah-sekolah di wilayah Kecamatan Langensari. 

Road show edukasi ini dilakukan ke sekolah, dengan hari pertama ke SMPN 4 Banjar, kedua SMP Islam, ketiga PGRI dan keempat SMP YAF Langensari Kota Banjar. 

Kabid P2P Dinkes Kota Banjar, dr Ika Rika mengatakan, edukasi ke sekolah-sekolah ini dilakukan untuk menekan penyakit menular seksual di kalangan pelajar. 

BACA JUGA:Kenapa Persib Harus Uji Coba Sebelum Lawan Persis Solo? Ini Jawabannya dari Bojan Hodak

"Khususnya penyakit menular seksual HIV AIDS, sehingga dengan edukasi ini mereka tidak terkena," katanya, Kamis 18 Januari 2024 saat ditemui di SMPN 4 Banjar. 

Dia menerangkan, dengan upaya edukasi ke pelajar SMP yang notabene memasuki masa puber, maka perlu dilakukan sejak dini pendekatan melalui edukasi. 

Edukasi tentang HIV AIDS ini hanya khusus kelas 3 atau 9 SMP saja, karena usia yang rentan itu berkisar usia 15 tahun ke atas.

"Di usia seperti itu mulai rentan peralihan. Maka kita coba lakukan edukasi sejak dini, supaya tidak mereka tahu dan tidak melakukan hal yang seharusnya belum dilakukan di usianya tersebut," terangnya. 

BACA JUGA:Jika Motor yang Nekat Terabas Banjir, Ini 4 Risiko yang Mungkin Terjadi

Menurutnya, di usia seperti sangat rentan karena biasanya mereka mulai mencoba-coba hal baru yang seharusnya belum mereka lakukan diusia remaja. 

Selain melakukan road show ke SMP, pihak juga akan berikan edukasi ke pelajar SMA/SMK atau sederajat yang ada di Kota Banjar. 

"Dengan adanya edukasi ini, minimal ada upaya pencegahan, bisa mencegah dari penyakit HIV Aids dan lainnya," tambahnya. 

Pasalnya, jumlah kasus HIV AIDS tahun 2023 sebanyak 53 kasus ODHA berdasarkan hasil validasi awal Januari sampai Desember. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: