Apa Saja Syarat untuk Bisa Daftar KIP Kuliah? Calon Mahasiswa Baru Harus Tahu!

Apa Saja Syarat untuk Bisa Daftar KIP Kuliah? Calon Mahasiswa Baru Harus Tahu!

Apa saja syarat untuk bisa daftar KIP Kuliah? Calon mahasiswa baru harus tahu!-pixabay-

Apa Saja Syarat untuk Bisa Daftar KIP Kuliah? Calon Mahasiswa Baru Harus Tahu!

RADARTASIK.COM - Calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dapat mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). KIP Kuliah merupakan program bantuan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah.

Pendaftaran KIP Kuliah dapat diikuti oleh calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Jalur Mandiri di PTN atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dituju.

Namun sebelum mendaftar KIP Kuliah, calon mahasiswa baru harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan. Sedikitnya, ada enam syarat utama untuk bisa daftar KIP Kuliah di antaranya sebagai berikut:

1. Pendaftar kuliah merupakan siswa SMA sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun.

BACA JUGA:RESMI Skuad Persebaya Dibagi 2, Paul Munster Bocorkan Tujuannya, Sekilas Mirip Persib

2. Pendaftar memiliki Nilai Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid.

3. Pendaftar mempunyai potensi akademik namun memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung dengan berkas-berkas yang sah.

4. Pendaftar merupakan siswa SMA sederajat yang lulus pada tahun berjalan dan memiliki potensi akademik yang baik.

5. Siswa memiliki Kartu KIP atau mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

BACA JUGA:Kisah Wayang : Saat Arjuna dan Karna Duel Maut di Perang Baratayudha, Dewi Kunti Berduka Hebat

6. Pendaftar telah dinyatakan lulus pada penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada program studi (Prodi) dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan pada Prodi Akreditasi C.

Demikianlah informasi penting mengenai syarat untuk bisa mendaftar KIP Kuliah, semoga bermanfaat!

Informasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: web kip k